Mohon tunggu...
Hadi Sutomo Wonosantoso
Hadi Sutomo Wonosantoso Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar santui

Seseorang yang menyukai Perkembangan Teknologi dan dunia keuangan/finansial

Selanjutnya

Tutup

NFT Pilihan

GameFi, Metaverse dan Masa Depan Industri Gaming

24 Juni 2022   01:27 Diperbarui: 24 Juni 2022   01:29 397 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bermain video game merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Bermain game bisa kita lakukan untuk berbagai macam hal entah untuk mengisi waktu luang, menenangkan pikiran, sebagai mata pencaharian ataupun hal yang lainnya. Namun tahukah anda dengan meledaknya tren Cryptocurrency dan NFT baru baru ini memunculkan model bisnis baru yaitu Game Finance atau dapat kita singkat dengan GameFi.

GameFi, atau yang dapat kita pahami sebagai gabungan antara game dan finance, adalah sebuah model bisnis yang berfokus pada P2E (Play To Earn, dapatkan uang sambil bermain game), yang telah menarik perhatian luas pada dunia game yang dimulai dengan munculnya game berbasis NFT Axie Infinity pada tahap awal.

Daya tarik utama P2E adalah kemampuan untuk menghasilkan uang nyata, karena pengguna dapat memperoleh mata uang digital saat bermain berkat aspek keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan non-fungible token (NFT) yang dibangun di dalamnya. Pemain pada akhirnya dapat memperdagangkan aset digital ini dengan mata uang fiat untuk membeli barang di dunia nyata.

Sistem P2E ini sendiri menghasilkan revolusi di beberapa negara seperti Venezuela dan Filipina, di mana puluhan ribu gamer disana sekarang mendapatkan lebih banyak uang dengan bermain game seperti Axie Infinity daripada bekerja di kantor mereka sendiri.

Sumber:coinquora.com
Sumber:coinquora.com

Meskipun setiap proyek GameFi memiliki ciri khas dan perbedaan tertentu, namun secara konsep, masing-masing proyek memiliki kesamaan. Di dalam proyek GameFi terdiri dari avatar, kostum, senjata, tanah, token, dan termasuk hewan peliharaan (pets) yang direpresentasikan sebagai non-fungible token (NFT). 

Nantinya pemain game akan mendapatkan item atau barang-barang tersebut melalui games yang dimainkan, termasuk juga bisa memperdagangkan di pasar NFT untuk mendapatkan keuntungan berupa cryptocurrency yang pastinya bisa ditukar menjadi mata uang fiat. Sehingga, pada akhirnya tidak sedikit yang menyebut GameFi sebagai Game NFT.

Keunggulan lain dari GameFi adalah adanya konsep DeFi yang memungkinkan pemain untuk mendapatkan passive income disamping hanya bermain game secara aktif. Passive income ini didapatkan melalui beberapa protokol DeFi seperti staking, yield farming, dan liquidity mining yang kemudian menjadi landasan dari proyek GameFi itu sendiri.

Sumber: pixabay.com
Sumber: pixabay.com
Perkembangan teknologi besar-besaran di balik permainan ini telah memungkinkan proyek-proyek GameFi menarik lebih banyak penggemar dan bahkan sampai mendapatkan pendanaan dari institusi dan perusahaan-perusahaan besar. Pakar industri juga percaya bahwa permintaan untuk GameFi akan meningkat karena berkembangnya penggunaan dan adopsi teknologi blockchain yang semakin luas.

Tentu saja, dengan kesuksesan game NFT besar seperti Axie Infinity dan The Sandbox, prospek GameFi di masa depan terlihat begitu cerah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten NFT Selengkapnya
Lihat NFT Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan