Mohon tunggu...
Hendrawan Adi Surya
Hendrawan Adi Surya Mohon Tunggu... Young Architect

Young Architect

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Upaya Tim I KKN Undip 2020 Mengentaskan Kemiskinan di Desa Pacing

11 Februari 2020   15:25 Diperbarui: 11 Februari 2020   16:16 15 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upaya Tim I KKN Undip 2020 Mengentaskan Kemiskinan di Desa Pacing
Mahasiswa KKN Tim I KKN Undip Bersama Masyarakat Desa Pacing (Sumber Gambar : Hendrawan A.S.)

Kemiskinan merupakan masalah utama yang dihadapi oleh kebanyakan masyarakat terutama di desa dan harus segera ditanggulangi dengan berbagai upaya untuk menyejahterakan seluruh masyarakatanya. Desa Pacing merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang yang memiliki banyak potensi terutama di bidang pertanian dan peternakan. Namun, tingkat perekonomian masyarakat di desa Pacing masih terbilang masih belum tinggi.

Tingkat pengangguran di desa Pacing ini masih cukup tinggi sehingga harus segera ditanggulangi. Mahasiswa Tim I KKN Universitas Diponegoro (Undip) Semarang melakukan program kegiatan yang berorientasi ke arah pengentasan kemiskinan di desa Pacing.

Kegiatan tersebut diantaranya panduan dan penyusunan masterplan BUM desa, pemaparan usulan desain taman serbaguna lapangan Gelora Bumi Kepleng (GBK) Pacing, pemaparan usulan desain Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Desa Pacing, dan pelatihan mesin milling CNC kepada masyarakat desa Pacing. Kegiatan ini diikuti oleh perangkat desa Pacing, ketua BPD, karang taruna, dan warga desa Pacing.

Kegiatan panduan dan penyusunan masterplan BUM Desa ini bertujuan untuk meningkatkan peran dalam kegiatan ekonomi produktif serta memberikan wawasan mengenai tata cara pelaksanaan organisasi bisnis yang lebih terarah sehingga dapat berjalan dengan baik sesuai tujuan-tujuannya dan dapat dievaluasi secara sistematis.

Kegiatan ini dilakukan dengan memaparkan masterplan BUM Desa yang sudah disusun oleh mahasiswa Tim I KKN Universitas Diponegoro yang berisi panduan perencanaan dari analisis potensi organisasi, desa, dan lingkungan hingga kepada indikator-indikator yang dicapai tiap tahun.

Panduan dan Penyusunan Masterplan BUM Desa oleh Mahasiswa KKN Tim I Undip (Sumber Gambar : Hendrawan A.S)
Panduan dan Penyusunan Masterplan BUM Desa oleh Mahasiswa KKN Tim I Undip (Sumber Gambar : Hendrawan A.S)

Kegiatan ini memiliki respon positif dari masyarakat yang ditandai dengan semangatnya masyarakat untuk memajukan BUM Desa yang nantinya dapat  meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pemaparan usulan desain taman serbaguna Lapangan Gelora Bumi Kepleng (GBK) Desa Pacing juga menjadi salah satu kegiatan yang berorientasi ke arah pengentasan kemiskinan di desa Pacing. Sesuai namanya, taman serbaguna ini merupakan area yang menjadi pusat kegiatan masyarakat di berbagai kalangan usia.

Pemilihan Lapangan Gelora Bumi Kepleng (GBK) Desa Pacing sebagai lokasi pembuatan taman serbaguna ini bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan Lapangan Gelora Bumi Kepleng sebagai salah satu potensi desa Pacing yang diharapkan nantinya area ini mewadahi masyarakat untuk melakukan kegiatan yang dapat menunjang perekonomian masyarakat demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Pacing salah satunya adalah kegiatan jual beli.

Kemudian kegiatan pemaparan usulan desain Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) juga dilakukan untuk mengatasi permasalahan kebersihan di Desa Pacing sekaligus untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Kedua usulan desain ini mendapatkan respon positif dari masyarakat desa Pacing dan akan dimasukkan ke dalam rencana pembangunan desa untuk jangka waktu kedepan.

Pemaparan Usulan Desain Taman Serbaguna dan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) oleh Mahasiswa KKN Tim I Undip (Sumber Gambar : Hendrawan A.S) 
Pemaparan Usulan Desain Taman Serbaguna dan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) oleh Mahasiswa KKN Tim I Undip (Sumber Gambar : Hendrawan A.S) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x