Mohon tunggu...
Hadi Suprapto
Hadi Suprapto Mohon Tunggu...

Bukan Penulis

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Inilah Keuntungan Jadi PNS yang Perlu Kamu Tahu!

2 November 2018   08:26 Diperbarui: 3 November 2018   14:03 3930 3 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Keuntungan Jadi PNS yang Perlu Kamu Tahu!
Foto : Para PNS dan mantan PNS saat acara kirab Sumpah Pemuda/ Dokumentasi pribadi

Pekerjaan merupakan unsur penting bagi keberlangsungan hidup seseorang. Sehingga orang berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan. Ditengah arus gaya hidup kekinian, tak hanya untuk memenuhi kebutuhan, jenis pekerjaan yang digeluti juga seakan-akan dianggap menjadi tolak ukur keberhasilan seseorang dalam mengarungi hidup.

Badan Pusat Statistik (BPS) sendiri, dalam rilis data Klasifikasi Baku Jenis Pekerjaan Indonesia (KBJI), menyebut ada banyak sekali jenis pekerjaan yang di kelompokkan ke pelbagai golongan.

Namun ternyata dari hasil observasi terhadap orang-orang disekeliling penulis, baik masih sebagai pencari kerja (pencaker) maupun sudah berstatus pekerja outsourcing cenderung meminati atau ingin di angkat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Yang mencakup di dalamnya yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Informasi lowongan CPNS juga terus menjadi buruan masyarakat, terbukti kata kunci Pendaftaran CPNS 2018 masih selalu menjadi trending di mesin pencarian Google.

Bahkan, tingginya animo masyarakat juga bisa di tengok sendiri saat momen rekrut di laksanakan seperti sekarang ini.
Pada saat penutupan pendaftaran saja, 15 oktober 2018 yang lalu, jumlah akun pelamar menembus angka 4.410.228 dan dari jumlah tersebut ada 3.470.567 yang telah menyelesaikan pendaftaran, dimana formasi yang di butuhkan cuma 238.015.

Mereka pada umumnya beralasan apasalahnya mencoba daftar kan juga gratis, namun ada pula yang memang betul-betul serius. Pokoknya selagi dirasa cukup syarat maka semuanya meluangkan waktu khusus didepan komputer untuk meng-uploud data yang di butuhkan di website sscndaftar.bkn.go.id

Menilik kasus diatas, sebenarnya motif apa yang melatarbelakangi mayoritas orang (tidak semua,red) sanggup mati-matian hingga membarter harta bendanya demi sekedar mendapat Nomor Induk Kepegawaian? Mari kita simak.....

Meninggikan Derajat Diri dan Membanggakan Orang Tua

Kita sadari atau tidak orang yang berstatus PNS masuk struktur sosial masyarakat kelas menengah keatas, lebih dihargai, lebih didengar apa yang diucap, terlebih pada daerah pedesaan. Selain itu juga, orang tua mana yang tidak bangga anaknya jadi PNS, apalagi jika kita lahir di tengah keluarga prasejahtera.

Banyak Waktu Luang

Siapa bilang PNS itu waktunya terforsir? Dari pengamatan penulis di kantor OPD salah satu kabupaten di provinsi Jambi (rata-rata tempat lain juga_Info dari temen), Masuk jam 07.30 sudah apel pagi pergi dulu ke kantin cari sarapan jam sembilanan baru fokus melayani itupun kalo ada kerjaan di ruangan, keluar jam 12.00, istrahat 2 jam, kadang datang lagi ngantor pas mau apel pulang jam 16.00.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN