Mohon tunggu...
Hadisha Balqis
Hadisha Balqis Mohon Tunggu... Mahasiswa - hello!

be good doing good

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Minat Coffee Shop di Kalangan Masyarakat

9 Juli 2021   16:25 Diperbarui: 9 Juli 2021   18:06 603
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Saat ini masyarakat Indonesia khususnya kaum muda sedang dipopulerkan dengan adanya coffe shop atau warung kopi yang buka dimana mana, warung kopi atau coffe shop saat ini bukan hanya menjadi minat dalam minum kopi dan makan namun sudah menjadi sebuah keseharian dalam bersosialisasi.

Banyak coffe shop yang berlomba lomba dalam mempunyai ciri khas dan keunggulan tersendiri sehingga menghasilkan daya tarik yang banyak, ditambah banyak dari masyarakat menyukai minuman kopi dan hobi kaum muda berkumpul bersama teman teman bersua foto maupun sekedar melepas penat.

"karena suasana di coffe shop bisa menghasilkan inspirasi dan membuang penat, serta harga yang ditawarkan disana bisa dibilang terjangkau. Desain tempat juga berpengaruh dalam tempat coffe shop dalam ketertarikan masyarakat".  Ujar Raihan selaku penggemar kopi sekaligus konsumen coffe shop.

 Design dari coffe shop juga mempengaruhi minat masyarakat karena saat ini media sosial merupakan kebutuhan masyarakat, hal seperti berfoto atau sekedar mengupdate lokasi mereka menjadi sebuah kewajiban, sehingga design merupakan spot untuk orang orang yang gemar membuat konten

"alasan aku pergi ke coffe shop kadang karena design tempatnya yang keren dan bisa buat foto foto buat nambahin feeds di instagram". Ujar Putri

Dengan hal ini tentunya memberikan dampak kenaikan produksi kopi melihat coffe shop sangat marak hingga saat ini, Data dari Ditjen Industri Agro Kemenperin menyatakan, pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan dalam negeri meningkat rata-rata tujuh persen per tahun.

Namun ada pula coffe shop yang dinikmati para konsumen karena rasa yang juara, dengan berbagai rasa yang ditawarkan serta topping yang berlimpah membuat masyarakat penasaran dan puas akan rasa yang diberikan. Selain itu, nama atau merek dari coffe shop juga bisa mengambil alih penasaran masyarakat.

Namun pada masa pandemic ini, minat coffe shop sedikit berkurang karena orang orang harus berdiam dirumah masing masing. Banyak orang orang yang tidak datang ketempat tersebut karena kenikmatan saat ke tempat coffe shop adalah tempat yang nyaman sehingga bisa bercengkrama dan bercanda tawa. Namun karena kebijakan pemerintah agar beberapa tempat tidak membuka tempat pejualan nya sementara sehingga jarang dari beberapa coffe shop tutup.

Namun ada beberapa orang yang masih bisa membeli melalui online dengan aplikasi, sehingga membuka bisnis ini bisa mengambil keuntungan tergantung cara mempromosikan dan teknik marketing penjualan nya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun