Mohon tunggu...
Hadid Putra
Hadid Putra Mohon Tunggu... Sedang ketawa

Sedang mencari inspirasi untuk berkarya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Menjadi Pengiat Sumber Inspirasi di SD AL-FAQIH Desa Suko Anyar

16 April 2021   14:55 Diperbarui: 16 April 2021   15:07 56 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjadi Pengiat Sumber Inspirasi di SD AL-FAQIH Desa Suko Anyar
Dokumentasi: Pribadi

Malang, 15 April 2021-- Kegiatan Kuliah Kerja Nyata  (KKN) Semester Genap di Universitas Negeri Malang, dilakukan secara program sinambung yaitu dengan berkegiatan di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Dalam program sinambung ini adalah KKN edisi Covid-19 untuk mengatasi penularan virus corona. Pelaksanaan program mahasiswa KKN UM desa Suko Anyar memprioritaskan. Pada Awal pembuatan 6 Maret 2021 sampai 10 April 202,sebagai proses melaksanakan kegiatan program kerja kelompok, Mural sebagai program kerja secara kelompok. Mahasiswa UM mengajukan persetujuan dengan pihak SD AL-FAQIH desa Sukoanyar dan pihak Balai Desa Sukoanyar. Dalam kegiatan tersebut Mahasiswa Universitas Negeri Malang memberi gagasan untuk menghidupkan SD AL-FAQIH yang sedang dibangun.

Dokumentasi: Pribadi
Dokumentasi: Pribadi

Dalam membuat mural sebagai program kerja dapat didefinisikan mural sebagai lukisan di dinding. Dengan media dinding yang sering ditemui disekeliling kita, mural dipersepsikan sebagai vandalism, melalui persepsi tersebut dapat diluruskan bahwa mural bukan hanya sebagai vandalism saja, tetapi mural merupakan juga termasuk jenis lukisan yang memiliki pesan yang ingin disampaikan dalam bentuk visual.

Persepsi mengenai mural sendiri muncul karena sering dianggap juga sebagai street art , dapat diluruskan lagi dari pandangan tersebut bila kegiatan tersebut bukan tujuan untuk merusak fasilitas umum maupun menggangu polusi mata/ pandangan orang. Dalam hal ini bertujuan menghidupkan suasana. Mural ini dapat diangap sebagai vandalism, tergantung dari tujuan untuk mengekspresikan karya kedinding.

Melalui program kerja ini karya vandlism kita rancang terlebih dahulu melalui media digital, Lalu diterapkan ke dinding.

Dokumentasi: Karya pribadi
Dokumentasi: Karya pribadi

Selesai dari mendesain ataupun merancangkan gambar dalam berkegiatan kami mempersiapkan alat dan bahan, misalnya kuas dan cat. Karya tersebut dapat mengambarkan sebagai representatif siswa dapat berinovasi dalam masa depanya melalui logika dan perasaan yang didukung melalui kedalaman spiritual. Atas pernyataan tersebut dapat digambarkan bahwa imajinasi dan cita-cita manusia sangat beragam, melalui kesiapan akhlak ataupun mental. Dari tulisan "Kedalaman Ilmu, Keluhuran Akhlak, dan Kedalaman Spiritual merupakan slogan dari SDI AL-FAQIH".

Melalui tahapan tersebut kelompok Mahasiswa KKN Sukoanyar dari proses pengambaran sketsa , pengecatan , hingga sampai jadi.

Dokumentasi: Pribadi
Dokumentasi: Pribadi

Dokumentasi: Pribadi
Dokumentasi: Pribadi
HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN