Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Jurnalis.

Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasiana 2019, 2020, dan 2021. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Empat Wakil Asia Terjepit di Posisi Sulit, Out Berjamaah atau Lolos ke Babak 16 Besar?

30 November 2022   19:04 Diperbarui: 30 November 2022   20:43 493
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suporter Jepang bakal berdebar menunggu timnya melawan Spanyol di laga terakhir fase grup Piala Dunia 2022/Foto Kompas.com

Belum ada kabar bagus untuk wakil Asia di Piala Dunia 2022.

Memang, tim-tim Asia sempat membuat kejutan dashyat. Saat Arab Saudi mampu mengalahkan Argentina di pertandingan pertama Grup C dan Jepang membungkam Jerman di pertandingan awal Grup E pada Rabu pekan lalu.

Namun, kabar bagus di Piala Dunia tentu bukan sekadar meraih kemenangan di satu pertandingan. Bukan sekadar membuat kejutan dengan mengalahkan tim unggulan.

Tapi, parameter utamanya adalah ketika tim mampu lolos dari penyisihan grup dan melangkah ke babak 16 besar karena penampilan yang konsisten.

Nah, bila menggunakan tolok ukur ini, dari enam wakil Asia yang tampil di Piala Dunia 2022, belum ada yang berhasil lolos ke babak knock out.

Setidaknya hingga berakhirnya pertandingan penyisihan grup di Grup A dan Grup B pada Rabu (30/11) pagi tadi. Dua tim Asia yang ada di dua grup ini, gagal melangkah jauh.

Tuan rumah Qatar yang ada di Grup A, malah mencatat 'rapor merah' terkait statusnya sebagai host Piala Dunia 2022.

Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia dengan capaian terburuk. Mereka menjadi tim pertama yang dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022. Terkini, Qatar kalah beruntun dalam tiga pertandingan. Setelah kalah 0-2 dari Ekuador dan 1-3 dari Senegal, dan  tadi malam mereka dikalahkan Belanda 0-2.

Partisipasi pertama Qatar di Piala Dunia dengan status tuan rumah, berakhir tanpa poin. Kiprah  Qatar bahkan lebih buruk dari Afrika Selatan saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010 silam.

Kala itu, meski jadi tuan rumah pertama yang gagal lolos ke babak 16 besar, tapi Afrika Selatan meraih 1 poin saat bermain imbang 1-1 melawan Meksiko di pertandingan pembukaan.

Nasib tragis juga dialami Iran di Grup B.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun