Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Jurnalis.

Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasiana 2019, 2020, dan 2021. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Tiga Pertimbangan Memilih Bengkel Servis Motor, Pilih Resmi atau Tidak Sama-sama Ada Risikonya

3 September 2022   07:50 Diperbarui: 3 September 2022   19:08 636 20 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ada beberapa pertimbangan sebelum memilih bengkel servis motor yang resmi atau nonresmi/ Foto: Kompas.com

Hidup memang seringkali menghadirkanberagam pilihan. Ada banyak pilihan yang untuk memilihnya kadang tidak semudah memberi tanda suka di postingan Instagram.

Dari pilihan yang berat untuk dipilih karena mempertimbangkan berbagai faktor dan risiko. Semisal memilih tempat sekolah/kuliah, pekerjaan, membeli hunian/tempat tinggal, atau memilih calon pasangan hidup.

Bahkan pilihan receh semisal memberi nama anak kucing, memilih makanan yang akan dipesan di aplikasi food delivery, hingga memakai baju apa untuk datang ke kondangan juga membutuhkan waktu sekian menit untuk berpikir.

Termasuk juga untuk servis kendaraan pribadi--sebut saja motor--kita juga terkadang dihadapkan pada pilihan yang pelik. Mau pilih bengkel servis motor yang resmi atau nonresmi alias bengkel di pinggir jalan.

Apa bedanya?

Sebagai pengendara setia motor yang bahkan meski sudah bisa beli mobil tapi ke mana-mana lebih senang naik motor, saya beberapa kali merasakan langsung kelebihan dan kekurangan dua bengkel tersebut. Dari pelayanan hingga harga yang ditawarkan.

Pertimbangan memilih bengkel resmi atau nonresmi

Ya, meski secara penampakan, bengkel non resmi tidak seindah bengkel resmi, tetapi ada kelebihan yang tidak dimiliki oleh bengkel yang katanya resmi itu. Begitu juga sebaliknya.

Lalu, baiknya memilih bengkel resmi atau bengkel pinggir jalan?    

Besar di kampung lantas ketika bekerja di 'pabrik koran' grupnya Kompas Gramedia pernah lama tinggal di kota besar seperti Surabaya dan Jakarta, membuat saya punya pengalaman cukup panjang dalam urusan memilih bengkel yang official atau bukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan