Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Jurnalis.

Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasiana 2019, 2020, dan 2021. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengulik "Mind Games" Pemain-pemain Malaysia Jelang Menantang Indonesia

18 Desember 2021   11:25 Diperbarui: 18 Desember 2021   12:13 265 12 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tim Garuda harus tidak bole terpengaruh dengan mind game yang dilancarkan Malaysia jelang tampil di laga terakhir Grup B, Minggu (19/12)/Kompas.com

Tetangga berisik. Noisy neighbors.

Begitu frasa terkenal yang pernah diucapkan pelatih legendaris Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson untuk menyindir klub tetangga, Manchester City.

Kala itu, Sir Alex merasa jengah ketika 'keluarga besar' Manchester City yang menjadi tim kaya baru, acapkali nyinyir mengusik rumah tangga Manchester United.

Lantas, keluarlah ucapan terkenal itu.

Nah, frasa tetangga berisik itu kiranya cocok untuk menggambarkan rivalitas klasik antara Timnas Indonesia dengan tim negeri jiran, Malaysia di panggung sepak bola.

Utamanya jelang Indonesia bertemu Malaysia di laga terakhir penyisihan Grup B Piala AFF 2020, Minggu (19/12). Laga ini akan menentukan lolos tidaknya kedua tim ke semifinal.

Komentar pedas pemain Malaysia menyentil Indonesia

Ya, di ranah sepak bola, sebagai tetangga, Malaysia bukanlah tetangga yang pendiam. Sebaliknya, negeri jiran itu seringkali berisik.

Sampeyan (Anda) yang rajin mengikuti kabar dari panggung Piala AFF 2020, pasti paham. Betapa, Timnas Malaysia acapkali jadi newsmaker di media.

Di antaranya kabar viral bahwa Malaysia bakal mundur dari Piala AFF 2020 karena krisis pemain imbas beberapa pemain terpapar Covid-19. Nyatanya, kabar itu tidak benar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan