Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Pencerita. Pewawancara.

Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasiana 2019 dan 2020. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Artikel Utama

"Pelajaran Kalah" untuk Marcus/Kevin Sebelum Tampil di Perempat Final

27 Juli 2021   14:34 Diperbarui: 27 Juli 2021   21:00 7615 22 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Pelajaran Kalah" untuk Marcus/Kevin Sebelum Tampil di Perempat Final
Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (atas) dalam penyisihan grup ganda putra melawan Wang Chi-lin-Lee Yang dari Taiwan pada Olimpiade Tokyo 2020, pada 27 Juli 2021. (Foto: PEDRO PARDO via kompas.com)

Pelajaran penting didapatkan ganda putra Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya di arena Olimpiade 2020.

Tampil di pertandingan terakhir penyisihan Grup A, Marcus/Kevin merasakan kekalahan. Ganda putra ranking 1 dunia ini dikalahkan ganda putra Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-lin lewat rubber game, Selasa (27/7).

Kalah tipis 18-21 di game pertama, Marcus/Kevin bangkit di game kedua dan menang 21-15 di game kedua. Namun, Lee/Wang mampu memenangi game ketiga 21-17.

Sebenarnya, kalah menang dalam pertandingan itu hal biasa. Apalagi, sebelum turun bermain di laga ini, Marcus/Kevin sudah dipastikan lolos ke perempatfinal.

Dua kemenangan yang mereka raih atas ganda Inggris (Great Britain) dan ganda India di pertandingan pertama dan kedua, sudah cukup meloloskan mereka.

Tapi, karena yang kalah adalah pasangan ranking 1 dunia dan unggulan 1 di ganda putra Olimpiade 2020, kekalahan itu punya value news dibandingkan 'pemain biasa'.

Selain itu, kekalahan Marcus/Kevin dari ganda Taiwan itu menyisakan pertanyaan sekaligus menerbitkan sedikit kecemasan.

Saya dan sampeyan (Anda) selaku penikmat bulutangkis yang menyaksikan langsung pertandingan tersebut dari layar televisi, mungkin bertanya-tanya, kenapa Marcus/Kevin yang jadi unggulan 1 dan punya head to head bagus melawan Lee/Wang, bisa kalah.

Lantas, muncul sedikit kekhawatiran perihal penampilan Marcus dan Kevin di babak perempat final nanti. Jadinya overthinking.

Namun, saya yakin, The Minnions--julukan Marcus/Kevin bisa move on dari kekalahan ini. Tapi, mereka tidak boleh melupakan begitu saja hasil ini. Justru, mereka harus bisa mengambil pelajaran kalah dari pertandingan ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN