Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Pencerita. Pewawancara.

Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasiana 2019 dan 2020. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengenal Pedri, Bocah 18 Tahun yang Jadi Pemain Muda Terbaik Piala Eropa

12 Juli 2021   23:35 Diperbarui: 13 Juli 2021   22:14 328 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenal Pedri, Bocah 18 Tahun yang Jadi Pemain Muda Terbaik Piala Eropa
Pedri tampil megesankan bersama Timnas Spanyol di Piala Eropa 2020. Dia diganjar penghargaan sebagai Pemain Muda Terbaik/Foto: https://www.barcablaugranes.com/

Dalam 15 tahun terakhir, tidak ada negara di Eropa yang menandingi Spanyol dalam hal tradisi menghasilkan gelandang hebat di lapangan. Itu jadi bukti keberhasilan klub-klub di Spanyol dalam mematangkan pemain muda.

Klub-klub seperti Barcelona, Valencia, Villarreal, Real Sociedad juga Real Madrid, rutin menjadi pemasok gelandang jempolan untuk Timnas Spanyol.

Saat jadi juara Piala Eropa 2008, Spanyol punya Cesc Fabregas (21 tahun), David Silva (22 tahun), Santi Cazorla (23 tahun) dan Andres Iniesta (24 tahun).

Mereka kembali jadi pilar saat Spanyol berhasil mempertahankan gelar di Euro 2012. Plus kehadiran nama baru seperti Sergio Busquets (23 tahun), Javi Martinez (23 tahun) dan juga Juan Mata (24 tahun).

Di Piala Eropa 2020, tradisi itu kembali berlanjut.

Spanyol memang tidak jadi juara. Tapi, Spanyol masih meraih kebanggaan. Gelandang muda mereka, Pedro Gonzalez Lopez terpilih sebagai Young Player of the Tournament seusai final, Senin (12/7). Pemain muda terbaik di Euro 2020.

Mengenal Pedri

Apa istimewanya gelandang Barcelona ini sehingga diganjar penghargaan individi bergengsi itu?

Pedri, itu nama beken Pedro Gonzalez Lopez. Di panggung Euro 2020, dia memang bukan pemain termuda. Masih ada pemain Inggris, Jude Bellingham yang berusia 17 tahun.

Namun, Pedri menjadi pemain paling muda yang dipercaya sebagai starter. Tentu saja, bukan sembarang pemain bila bisa menjadi pemain inti di tim kuat seperti Spanyol.

Ketika Pelatih Spanyol, Luis Enrique Martinez mengumumkan nama Pedri masuk skuad Spanyol pada 24 Mei 2020 lalu, mungkin ada yang mencibir. Mengira dia 'pemain titipan'.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan