Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Penulis. Pencerita. Pewawancara.

Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasiana 2019 dan 2020. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Timnas Inggris dan Southgate yang Tak Bisa Menyenangkan Semua Orang

2 Juni 2021   16:12 Diperbarui: 3 Juni 2021   00:53 275 17 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Timnas Inggris dan Southgate yang Tak Bisa Menyenangkan Semua Orang
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate (BEN STANSALL / AFP via KOMPAS.com)

Seperti pasangan suami istri yang serba salah ketika membawa seekor keledai.

Begitu mungkin situasi yang dirasakan Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, usai mengumumkan skuad The Three Lions untuk Piala Eropa 2000, Selasa (1/6) tadi malam.

Dalam cerita bergambar yang acapkali muncul di postingan media sosial tersebut, dikisahkan seorang pasangan suami istri yang menaiki keledai. Setiap keputusan yang mereka lakukan, seolah selalu salah di mata orang lain.

Ketika mereka berdua memutuskan untuk menaiki keledai itu, orang berujar keduanya tidak punya rasa perikehewanan. Lha wong keledai yang mungil kok dinaiki berdua.

Ketika si istri yang menaiki keledai dan sang suami berjalan memegangi talinya, orang lalu berujar nyinyir bahwa dia itu suami yang takut istri. Sebaliknya, ketika si suami yang menaiki keledai dan istri yang berjalan, orang mudah saja menyebut suaminya tega kepada istrinya.

Lantas, ketika keduanya sama-sama berjalan, orang masih berkomentar pedas. Pasutri itu dibilang bodoh karena memiliki keledai yang bisa dinaiki tapi malah berjalan kaki.

Begitulah gambaran yang dirasakan Southgate ketika akan memilih siapa 26 pemain yang akan dibawanya tampil di Piala Eropa.

Ketika pelatih negara lain kontestan EURO 2000 seolah tidak banyak drama dalam memilih pemain-pemain pilihannya, Southgate tidak begitu. Dia sempat dilanda kebingungan.

Faktanya, beberapa pelatih jauh-jauh hari sudah mengumumkan pemain-pemain yang dibawanya. Seperti Timnas Polandia, Belgia, dan Kroasia yang paling awal merilis skuadnya. Southgate malah baru mengumumkannya jelang deadline alias batas pengumuman tadi malam.

Ketika beberapa pelatih langsung mengumumkan 26 pemain yang akan dibawanya, Southgate juga tidak begitu. Pada 25 Mei lalu, dia malah mengumumkan 33 nama.

Dia merasa butuh waktu untuk mengerecutkan 33 nama itu menjadi 26 nama terpilih. Mengapa Southgate sampai dilanda kebingungan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN