Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Tukang Menulis

Pemungut kisah dari lapangan. Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasianival 2019. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Diam-diam, Juventus Siapkan Pirlo Menapaki Jejak Sukses Zidane

18 Juli 2020   17:03 Diperbarui: 19 Juli 2020   02:26 727 16 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Diam-diam, Juventus Siapkan Pirlo Menapaki Jejak Sukses Zidane
Andrea Pirlo disiapkan Juventus untuk menapaki jejak sukses Zinedine Zidane di Real Madrid. Mulai musim depan, Pirlo akan melatih tim muda Juventus| Foto: Getty Images/Dailymail.co.uk

Ada fakta menarik dari Liga Serie A Italia musim 2019/20 yang tinggal menyisakan lima pertandingan. Bahwa, beberapa tim kontestan Liga Italia musim ini, ternyata dilatih pelatih muda yang baru berusia 40 tahunan.

Nama mereka terdengar akrab di telinga pecinta Liga Italia. Sebab, mereka dulunya merupakan pemain terkenal di Liga Italia. Kini, mereka mencoba peruntungan dengan menjadi pelatih. Siapa saja?

Ada Gennaro Gattuso di Napoli, Simone Inzaghi di Lazio, Fabio Liverani di Lecce, Luigi Di Biagio di SPAL, Roberto De Zerbi di Sassuolo, Ivan Juric di Hellas Verona, dan Diego Lopez di Brescia. Boleh juga ditambahkan Antonio Conte (Inter Milan) yang tahun ini berusia 50 tahun.

Para pelatih--yang termasuk muda untuk ukuran pelatih--yang dulunya mantan pemain di klub Serie A itu mencoba bersaing dengan pelatih-pelatih senior. Sebut saja Maurizio Sarri (61 tahun/Juventus), Gian Piero Gasperini (62 tahun/Atalanta), dan Claudio Ranieri (Sampdoria/68 tahun) yang merupakan pelatih paling senior di Liga Italia musim ini.

Lalu, bagaimana nilai rapor mantan pemain fresh graduate Serie A yang kini melatih itu?

Ada yang bagus dalam artian tim yang dipimpinnya kini berada di peringkat bagus di klasemen Liga Italia. Namun, ada pula yang babak belur.

Simone Inzaghi, Gattuso, Roberto de Zerbi, dan Ivan Juric termasuk bagus. Hingga pekan ke-33, tim yang mereka latih kini ada di 10 besar. Simone Inzaghi malah sempat membawa Lazio bersaing ketat dengan Juventus dalam perburuan gelar sebelum "linglung" sejak Liga Italia kembali diputar.

Sementara Luigi Di Biagio, Liverani, dan Diego Lopez babak belur. Tim yang mereka latih kini terancam terdegradasi ke Serie B karena masih ada di tiga peringkat terbawah.

Tetapi memang, tidak ada jaminan, seorang mantan pemain yang dulunya terkenal ketika menjadi pemain, bakal sukses saat melatih. Sudah ada banyak contohnya, pemain terkenal yang gagal menjadi pelatih. Sebut saja Diego Maradona hingga Thierry Henry.

Faktanya, hingga kini dari sekian banyak pemain bintang di masanya yang "banting setir" menjadi pelatih, rasanya hanya Pep Guardiola dan Zinedine Zidane yang sukses. 

Usia Zidane dan Guardiola kini sama-sama 49 tahun. Artinya, mantan pemain yang kini melatih dan usianya di bawah 45 tahun, belum ada yang terbilang sukses besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x