Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Tukang Menulis

Pemungut kisah dari lapangan. Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasianival 2019. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kita yang Sering Memaknai Isra Miraj dari "Bungkusnya" Saja

23 Maret 2020   10:20 Diperbarui: 23 Maret 2020   12:44 86 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kita yang Sering Memaknai Isra Miraj dari "Bungkusnya" Saja
Isra Miraj menjadi momentum untuk melihat kembali bagaimana kualitas sholat kita/Foto: Tribunnews.com


Ada banyak dari kita yang tahu arti dari Isra dan Miraj. Sebagai muslim, kita mungkin bisa dengan mudah menjawab arti dari Isra dan Miraj.

Kita mengingat Isra adalah peristiwa di malam yang agung ketika Nabi Muhammad diperjalankan oleh Allah secara fisik dari Mekah ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem. Dari sana, Nabi Muhammad kemudian dinaikkan, menembus pintu-pintu langit hingga ke Sidratul Muntaha. Peristiwa inilah yang dinamakan Mi'raj.

Banyak dari kita mungkin juga paham, bahwa Isra Miraj merupakan penghiburan yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad yang di tahun itu dilanda kesedihan luar biasa. 

Rasulullah bersedih setelah dua manusia yang paling beliau cinta dan paling gigih membela dakwahnya, yakni pamannya, Abu Thalib dan istrinya, Ummul Mukminin Khadijah r.a dipanggil kembali oleh Sang Pencipta.

Tahun itu adalah Tahun Duka. Allah sendiri lah yang kemudian memberi Nabi Muhammad "hadiah pelipur sedih" berupa peristiwa mukjizat yang diyakini terjadi pada malam 27 Rajab tersebut.

Tidak mengherankan bila banyak orang paham arti Isra Miraj. Lha wong sejak masih di sekolah dasar, kita sudah dikenalkan dengan peristiwa luar biasa ini. Dulu di sekolah, setiap tahunnya selalu mengadakan perayaan Isra Miraj. Di acara itu, tentu saja ada guru yang menerangkan definisinya.

Wawasan kita tentang Isra Miraj semakin bertambah luas ketika khotib Sholat Jumat lewat khotbahnya, juga menyampaikan makna yang lebih dalam tentang perjalanan luar biasa ini. 

Hampir setiap tahun, ingatan kita tentang Isra Miraj, seperti di-refresh oleh para pengkhotbah maupun ustadz di forum-forum kajian keagamaan. Pendek kata, kita paham arti dari Isra Miraj ini. Bahkan sangat paham.

Hanya saja, meski sudah sebegitu sering dijejali wawasan dan makna dari Isra Miraj, tidak sedikit dari kita yang sebatas paham konteksnya saja. Bukan paham esensinya.

Tidak sedikit dari kita yang sekadar tahu "bungkusnya Isra Miraj" tapi kurang paham isi di balik peristiwa tersebut. Tahu sekadar tahu, tanpa menjalankan dan meresapi makna dari Isra Miraj dalam kehidupan sehari-hari.

Isra Miraj momentum turunnya perintah sholat  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN