Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Bekerja Menulis

Pemungut kisah dari lapangan. Pewawancara. Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasianival 2019. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Menengok Geliat Klub-klub Liga 1 di Bursa Transfer Musim 2020

3 Januari 2020   07:33 Diperbarui: 3 Januari 2020   15:28 392 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menengok Geliat Klub-klub Liga 1 di Bursa Transfer Musim 2020
Evan Dimas, dilepas Barito Putra, diminati beberapa klub Liga 1. Namun, Persija Jakarta dikabarkan paling berpeluang mendapatkan gelandang asal Surabaya ini/Foto: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Januari bukan hanya bulan pembuka tahun yang baru. Di panggung sepak bola, Januari adalah periode untuk mendatangkan pemain baru. Inilah periode ketika jendela transfer pemain dibuka. Klub-klub diperbolehkan mendatangkan pemain baru demi menambah kekuatan.

Menariknya, di Januari 2020 ini, transfer pemain bukan hanya milik klub-klub di Liga Eropa sana. Tim-tim kontestan Liga 1 Indonesia, juga sibuk beraktivitas di bursa transfer pemain.

Bedanya, di Eropa sana, klub-klub sudah berada di tengah kompetisi dan berkesempatan memperkuat timnya untuk paroh kedua. Sementara di sini, klub-klub Liga 1 melakukan persiapan menyambut kompetisi musim baru. Kompetisi kalender 2020.

Namanya persiapan menyambut awal kompetisi, tentu saja tidak hanya mendatangkan pemain baru. Tapi juga pelatih. Tidak hanya mereka (pemain baru) yang datang, tetapi juga mempersilahkan pergi pemain dan pelatih lama yang kontrak kerjanya habis dan tidak diperpanjang.

Lalu, bagaimana geliat tim-tim Liga 1 di bursa transfer menyambut kompetisi musim 2020 ?

Tim juara Liga 1 2019, Bali United, menjadi salah satu tim yang paling agresif di bursa transfer kali ini. Serdadu Tridatu--julukan Bali United--bahkan sudah bergerak jelang pergantian tahun.

Beberapa nama top merapat. Seperti kiper utama Timnas U-22 di SEA Games 2019, Nadeo Argawinata dan pemain serba bisa, Gavin Kwan Adsit. Lalu gelandang senior, Hariono yang setelah dilepas Persib Bandung, langsung diambil. Serta penyerang sayap, Muhammad Rahmat yang sebelumnya memperkuat PSM Makassar.

Dikutip dari lama resmi Bali United, baliutd.com, Pelatih Stefano Cugurra optimistis, kedatangan pemain-pemain baru tersebut akan memperkuat timnya. Teco yang juara beruntun bersama Persija dan Bali United di dua musim terakhir berharap, mereka segera beradaptasi dengan pemain-pemain lainnya. Namun, merujuk pada pengalaman mereka, Teco yakin mereka bisa cepat beradaptasi.

"Mereka berempat pemain berpengalaman di Liga 1. Jadi untuk adaptasi rasanya tidak akan menjadi masalah untuk mereka. Pemain lainnya yang sudah lebih dulu disini juga harus bantu mereka yang baru bergabung. Dengan begitu tim akan solid saat di lapangan maupun luar lapangan," kata Coach Teco.

Manajemen Bali United juga mempertahankan beberapa pemain yang menjadi kunci meraih gelar perdana mereka di kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia. Diantaranya kapten tim Fadil Sausu, kiper Wawan Hendrawan, bek Leonard Tupamahu, Gunawan Dwi Cahyo, Willian Pacheco, Ricky Fajrin, Michael Orah, juga Brwa Nouri.

Sebagai juara Liga 1, Bali United akan tampil di babak kualifikasi Liga Champions Asia. Mereka juga akan mewakili Indonesia di ajang ASEAN Championship Club.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN