Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Tukang Nulis

Pemungut kisah dari lapangan. Pernah bekerja di "pabrik koran". Nominasi kategori 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Sempat Dikejutkan Vietnam, Tim Putri Bulu Tangkis Indonesia Akhirnya ke Semifinal

1 Desember 2019   16:10 Diperbarui: 1 Desember 2019   16:17 0 4 2 Mohon Tunggu...
Sempat Dikejutkan Vietnam, Tim Putri Bulu Tangkis Indonesia Akhirnya ke Semifinal
Tunggal putri Indonesia, Ruselli Hartawan, menjadi penentu kemenangan tim putri Indonesia, 3-1 atas Vietnam di perempat final bulu tangkis SEA Games 2019, Minggu (1/12)/Foto: badmintonindonesia.org


Butuh waktu 12 tahun untuk tahu kapan kali terakhir tim putri bulu tangkis Indonesia bisa meraih medali emas di SEA Games. Momen itu terjadi di Thailand pada SEA Games 2007. Kala itu, tim putri bulu tangkis Indonesia menang 3-2 atas Singapura di final.

Di SEA Games 2007 yang digelar di Thailand itu, tim bulu tangkis Indonesia bahkan sukses mengawinkan gelar. Sebab, tim putra juga jadi juara usai mengandaskan Singapura, 3-0 di final.

Itulah kali terakhir tim putri bulu tangkis Indonesia bisa meraih medali emas. Padahal, sebelumnya, tim putri selalu berjaya dari SEA Games edisi tahun 1977 hingga 2001. Sementara tim putra masih rutin meraih medali emas hingga SEA Games dua tahun lalu.

Nah, di empat edisi SEA Games terakhir, penguasa bulu tangkis putri berpindah ke Thailand. Malaysia memang sempat juara di edisi 2009. Namun, sejak SEA Games 2011, 2015 dan 2017, Thailand selalu juara. Untuk tahun 2013, SEA Games tidak mempertandingkan nomor beregu.

Di SEA Games tahun 2017 lalu, tim putri Indonesia yang mendapat bye dan langsung tampil di semifinal, malah gagal ke final. Di semifinal, tim Indonesia kalah telak 0-3 dari tuan rumah Malaysia.

Bagaimana dengan SEA Games tahun ini?

PBSI sebagai induk olahraga bulu tangkis Indonesia, rupanya sudah gerah dengan serangkaian kegagalan tim putri meraih medali emas di empat SEA Games edisi terakhir. PBSI tidak sabar ingin mengakhiri dominasi tim putri Thailand.

Semangat untuk merebut medali emas itu terlihat dari siapa saja pemain putri yang dikirimkan ke SEA Games Filipina. Di sektor tunggal, PBSI mengirimkan tiga tunggal terbaik Indonesia saat ini. Yakni Gregoria Mariska, Fitriani, dan Ruselli Hartawan. Kemudian untuk sektor ganda, ada nama Greysia Polii, Ni Ketut Dewi Istarani, Apriani Rahayu, Siti Fadia Silva, Ribka Sugiarto, juga Melati Daeva dan Pitha Haningtyas Mentari.

Nah, Minggu (1/12) mulai pukul 09.00 pagi tadi waktu Filipina, tim putri bulu tangkis Indonesia mengawali penampilan di SEA Games 2019 dengan hasil menggembirakan. Menghadapi tim putri Vietnam di Muntinlupa Sports Complex pada babak perempat final, tim bulu tangkis putri Indonesia menang dengan skor akumulatif 3-1.

Sebuah kemenangan yang meski menggembirakan, tetapi ada banyak pelajaran yang didapat para punggawa tim putri bulu tangkis Indonesia. Utamanya perihal lawan yang tidak bisa diukur dengan 'kekuatan di atas kertas'. Serta, bagaimana cepat beradaptasi dengan situasi di lapangan

Vietnam yang tidak punya 'tradisi bulu tangkis', sempat mengejutkan Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN