Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Tukang Nulis

Pemungut kisah dari lapangan. Pernah bekerja di "pabrik koran". Nominasi kategori 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Politikus Gagal Itu Membawa Ukraina Lolos ke Piala Eropa 2020

18 November 2019   07:55 Diperbarui: 19 November 2019   11:24 0 13 4 Mohon Tunggu...
Politikus Gagal Itu Membawa Ukraina Lolos ke Piala Eropa 2020
Mantan penyerang AC Milan yang sempat terjun ke dunia politik, Andriy Shevchenko, membawa negaranya, Ukraina, lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Hebatnya, Ukraina tidak terkalahkan selama kualifikasi dan mengungguli Portugal/Foto: Getty Images/UEFA.com

Akhir pekan kemarin, beberapa negara Eropa memastikan lolos ke Piala Eropa 2020 (EURO 2020). Mereka akhirnya meraih happy ending setelah melakoni jalan panjang kualifikasi yang digelar sejak awal tahun 2019.

Dari sekian negara yang sudah 'memegang tiket' lolos ke EURO 2020, Ukraina menjadi salah satu negara yang membuat kejutan hebat. Bukan karena mereka lolos untuk kali pertama. 

EURO 2020 nanti akan menjadi partisipasi ketiga beruntun bagi Ukraina sejak tampil sebagai negara sendiri mulai edisi 1996 usai lepas dari Uni Soviet dan Commonwealth of Independent States.

Kejutan Ukraina adalah penampilan super hebat mereka selama kualifikasi. Tergabung di Grup B bersama juara Piala Eropa 2016, Portugal, awalnya Ukraina diprediksi hanya akan lolos sebagai runner-up. Atau malah berburu 'tiket lolos' dari peringkat tiga terbaik. 

Yang terjadi, Ukraina ternyata lolos sebagai juara Grup B. Dari 8 pertandingan yang dijalani, Ukraina tidak pernah kalah. Mereka mencatat enam (6) kemenangan dan 2 kali imbang. Dari enam kemenangan itu, salah satunya diraih atas Portugal, 2-1 di Kyiv pada 15 Oktober lalu.

Ukraina menutup kualifikasi dengan status unbeatable alias tak terkalahkan setelah menahan tuan rumah Serbia 2-2 di laga terakhir kualifikasi, Minggu (17/11) malam waktu Eropa atau Senin (18/11) dini hari tadi waktu Indonesia.

Sukses Ukraina berkat polesan pelatih Andriy Shevchenko yang sempat gagal jadi politisi

Penampilan hebat Ukraina di fase kualifikasi hingga akhirnya lolos ke EURO 2020, tidak lepas dari sosok sang pelatih, Andriy Shevchenko. Mantan penyerang top yang lantas mundur dari sepak bola demi 'banting stir' di dunia politik ini memang sosok yang tepat untuk memimpin timnas negaranya.

Penggemar sepak bola yang besar dengan menyaksikan Liga Champions era pertengahan 90-an serta Liga Italia di akhir era 90-an dan awal 2000-an, pastinya tidak asing dengan Shevchenko. Sheva - begitu dulu dia dipanggil, pernah menjadi penyerang paling top di Eropa.

Namanya dikenal publik ketika tampil hebat bersama tim Ukraina, Dynamo Kyiv, dengan pelatih legendaris, Valeriy Lobanovsky yang meninggal pada 2002 silam. Mereka pernah nyaris lolos ke final Liga Champions edisi 1999 sebelum kalah dramatis dari Bayern Munchen.

Nama Sheve semakin meroket ketika membela AC Milan (1999-2006). Dia menjadi penentu saat Milan meraih trofi Liga Champions 2003 usai mengalahkan Juventus lewat adu penalti. Dia lantas meraih penghargaan pemain terbaik, Ballon d'Or 2004.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN