Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Tukang Nulis

Pemungut kisah dari lapangan. Pernah bekerja di "pabrik koran". Nominasi kategori 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Artikel Utama

Marcus-Kevin yang Dipuji, Dibenci, dan Bikin Patah Hati BL Tiongkok

9 November 2019   09:11 Diperbarui: 9 November 2019   13:50 0 14 4 Mohon Tunggu...
Marcus-Kevin yang Dipuji, Dibenci, dan Bikin Patah Hati BL Tiongkok
Ganda putra Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya, lolos ke semifinal Fuzhou China Open Super 750. Sementara Tiongkok justru tidak punya wakil di semifinal/Foto: badmintonindonesia.org

Beruntunglah kita memiliki pasangan ganda putra, Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya. Bukan hanya karena mereka menjadi atlet bulu tangkis yang paling sering memberikan kebanggaan untuk Indonesia. Karena mereka kepunyaan Indonesia, kita jadi tak perlu sering bertengkar karena iri.

Ya, andai mereka bukan dari Indonesia, kita sebagai pecinta bulu tangkis, mungkin akan sering bertengkar di dunia maya. Bertengkar karena cemburu mengapa negara lain bisa punya ganda putra sehebat mereka. Sementara kita hanya bisa mengagumi mereka.

Bisa juga bertengkar karena bingung mau memuji atau mencaci. Bagaimana tidak bingung. Mau dipuji tapi punya negara lain. Tapi kalau mau dibenci, lha mereka memang tampil lebih hebat dibanding pemain sendiri.

Gambaran seperti itulah yang acapkali dirasakan oleh para badminton lover (BL) Tiongkok ketika menyaksikan penampilan Marcus/Kevin. Baik ketika memantau penampilan mereka di turnamen BWF World Tour, via tayangan streaming maupun di televisi. 

Termasuk ketika melihat langsung penampilan ganda putra rangking 1 dunia ini kala tampil di Tiongkok.

Kita bisa memantau komentar-komentar para BL Tiongkok lewat forum percakapan bernama "Forum Tiongkok". Forum obrolan seputar badminton di dunia maya ini justru acapkali menjadi ajang pertengkaran mereka bila sudah menyangkut Minnions, julukan Marcus/Kevin. 

Silahkan mengeceknya di mesin pencari Google dengan menuliskan kata kunci "Forum Tiongkok Minnions".

Pendapat mereka terbelah. Ada yang suka. Ada yang nyinyir. Mereka yang nyinyir di Forum Tiongkok, 'menyerang' Minnions dengan tudingan karena kurang punya respek kepada lawan karena acapkali bersikap tengil. Ada BL Tiongkok yang berkomentar begini:

"Mereka kerap meremehkan lawan dengan gerakan-gerakan kecil dan pandangan matanya. Kalau mereka membuang hal-hal ini, maka tidak akan memancing ejekan dari orang lain".

Lucunya, komentar itu langsung direspons oleh BL Tiongkok lainnya. 

"Itu namanya bukan meremehkan lawan. Itu hanya perasaanmu saja. Lawannya saja tidak bagus mentalnya. Kan, mereka juga tidak memaki-maki orang lain". Ada juga yang bilang: "Tidak harus semua orang suka dengan dua Minnions ini kan? Memangnya, forum diskusi punya keluargamu?".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4