Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Tukang Nulis

Pemungut kisah dari lapangan. Pernah bekerja di "pabrik koran". Nominasi kategori 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

Menpora Baru, Mempertahankan Tradisi Lama Meski Kini Tak Berkumis

23 Oktober 2019   22:53 Diperbarui: 24 Oktober 2019   06:09 0 23 8 Mohon Tunggu...
Menpora Baru, Mempertahankan Tradisi Lama Meski Kini Tak Berkumis
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri.(KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

Rabu (23/10) pagi, Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan kabinet "jilid II"-nya di Istana Negara, Jakarta. Didampingi Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, sembari duduk lesehan di beranda istana, presiden mengenalkan "para pembantunya" yang diberi nama Kabinet Indonesia Maju periode kerja 2019-2024.

Seperti diketahui, nama-nama figur yang masuk dalam Kabinet Indonesia Maju, beberapa diantaranya merupakan wajah lama yang sudah masuk kabinet di periode pertama kepemimpinan Presiden Joko Widodo bersama HM Jusuf Kalla. Beberapa figur bahkan tetap dipercaya menjabat di kementerian yang sama.

Di antaranya Menteri Luar Negeri tetap dijabat Retno LP Marsudi. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yang juga masih dijabat Yasonna Laoly. Lalu, pos Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga kembali dipercayakan kepada Siti Nurbaya. Serta Basuki Hadimuljono yang kembali dipercaya menjabat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 

Selain nama-nama lawas, tentu saja ada beberapa muka baru. Ada yang namanya sudah top karena sudah dikenal luas oleh publik ataupun sudah wira-wiri jadi pemberitaan di media sosial sebelum pengumuman. Ada juga yang namanya belum banyak dikenal luas oleh publik.

Di antaranya Ida Fauziyah sebagai Menteri Sosial. Lalu, Erick Thohir menjabat Menteri BUMN. Wishnutama dipercaya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. I Gusti Ayu Bintang Darmawati yang menjabat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Serta, Zainudin Amali yang ditunjuk sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. 

Ada beberapa hal menarik dalam pengumuman Kabinet Indonesia Maju ini. Seperti masuknya Prabowo Subianto yang merupakan rival Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden dua kali. Meski, kabar itu sejatinya sudah diketahui oleh publik beberapa hari sebelum pengumuman hari ini.

Selain itu, presiden juga dianggap berani "menabrak kebiasaan" di beberapa pos menteri. Seperti posisi Menteri Agama yang dijabat figur dengan latar belakang militer, yakni Jenderal Fachrul Razi. Serta mantan bos Go-Jek, Nadiem Makarim yang dipercaya menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dia menjadi "menteri millenial" dengan usia paling muda (35 tahun).

Terlepas dari itu, tentu saja, terpilihnya nama-nama dalam Kabinet Indonesia Maju, tidak bisa menyenangkan semua pihak. Ada yang masih kecewa. Sebab, beberapa nama favorit ternyata tidak masuk. Salah satunya Susi Pudjiastuti yang ternyata benar-benar tidak lagi masuk kabinet.

Sebelumnya, ada banyak warganet yang berharap Bu Susi kembali jadi menteri. Bahkan, muncul tagar #WeWantSUSI yang sempat jadi trending topic.

Pantauan di media, warganet memang terbelah dalam menyikapi pengumuman menteri ini. Itu terbaca dari komentar-komentar mereka di kolom komentar media arus utama maupun media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4