Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Tukang Nulis

Pemungut kisah dari lapangan. Pernah bekerja di "pabrik koran". Nominasi kategori 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Artikel Utama

Tim Bulu Tangkis Diumumkan, Bisa Raih Berapa Medali di SEA Games 2019 Nanti?

26 September 2019   15:56 Diperbarui: 26 September 2019   18:24 0 12 5 Mohon Tunggu...
Tim Bulu Tangkis Diumumkan, Bisa Raih Berapa Medali di SEA Games 2019 Nanti?
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berusaha mengembalikan kok saat melawan Chou Tien Chen pada laga Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (19/7). Jojo kalah 21-16, 18-21 dan 14-21. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Hampir dua bulan jelang dimulainya 'pesta olahraga' terbesar di kawasan Asia Tenggara, SEA Games, pada akhir November 2019 mendatang, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mulai fokus menatap target yang ingin dicapai. 

Kemarin, Rabu (25/9), PBSI mengumumkan secara resmi tim bulu tangkis yang akan diturunkan pada SEA Games 2019 di Filipina. Ada 20 atlet bulu tangkis yang masuk dalam tim bulu tangkis Indonesia untuk SEA Games tahun ini. Mereka merupakan kombinasi pemain senior dan pemain muda Indonesia.

Dikutip dari badmintonindonesia.org, ke-20 nama tersebut yakni trio Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Firman Abdul Kholik di tunggal putra. Lalu Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani, dan Ruselli Hartawan di sektor tunggal putri.

Sementara di ganda putra ada lima nama yang masuk tim. Yakni, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira, Ade Yusuf, dan Leo Rolly Carnando. 

Di ganda putri juga ada lima nama, yakni Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto, dan Ni Ketut Mahadewi. Lalu di ganda campuran ada empat nama. Yakni Praveen Jordan, Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy, dan Pitha Haningtyas Mentari.

Bila merujuk dari nama-nama yang dirilis PBSI tersebut, target PBSI untuk meraih minimal dua medali emas dari cabang olahraga bulu tangkis di SEA Games 2019 mendatang, seharusnya tidak sulit untuk dipenuhi.

Sebab, mayoritas dari nama-nama yang masuk dalam tim tersebut, sudah kenyang pengalaman tampil di turnamen BWF World Tour. Artinya, bila biasanya menghadapi pemain kelas dunia dari Eropa dan Asia, maka mereka seharusnya bisa lebih percaya diri di ajang SEA Games.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti menegaskan, sesuai arahan dari Menteri Pemuda dan Olahraga, kekuatan tim bulu tangkis Indonesia menggabungkan tim inti dan pemain muda. Serta, berhitung untuk kebutuhan menuju Olimpiade. Maknanya, pemain yang memang diprioritaskan untuk Olimpiade, tidak masuk dalam tim. Diantaranya ganda putra Marcus Gideon/Kevin Sanjaya.

"Untuk target yaitu minimal 2 emas. Tapi kami berusaha untuk bisa meraih 3 emas, 2 perak dan 3 perunggu. Sektor yang menjadi andalan kami yaitu beregu putra, tunggal putra, ganda putri dan ganda campuran," ujar Susy Susanti dikutip dari badmintonindonesia.org.

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, ketika meraih medali emas SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia/Foto: badmintonindonesia.org
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, ketika meraih medali emas SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia/Foto: badmintonindonesia.org
Tunggal putra dan ganda putri layak jadi tumpuan berburu medali emas

Nah, merujuk pada pernyataan Bu Susy tersebut, bagaimana peluang Indonesia di sektor-sektor yang diharapkan bisa meraih medali emas tersebut? Mari kita bedah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5