Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Tukang Nulis

Pemungut kisah dari lapangan. Pernah bekerja di "pabrik koran". Nominasi kategori 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Artikel Utama

Kalah dari Pasangan "Eksperimen" Korsel di Kejuaraan Dunia 2019, Ada Apa dengan Marcus/Kevin?

22 Agustus 2019   06:43 Diperbarui: 23 Agustus 2019   10:08 0 9 5 Mohon Tunggu...
Kalah dari Pasangan "Eksperimen" Korsel di Kejuaraan Dunia 2019, Ada Apa dengan Marcus/Kevin?
Marcus/Kevin langsung out di Kejuaraan Dunia 2019 usai dikalahkan ganda putra Korea/Foto: badmintonindonesia.org

Salah satu bagian paling menarik dari olahraga adalah hasil akhir yang sukar dinalar. Olahraga acapkali menghasilkan misteri yang sukar dimengerti. Prediksi awam bahkan seorang pakar sekalipun, terkadang sekadar menjadi bualan belaka karena prediksinya sangat jauh berbeda dengan kenyataan sebenarnya.

Karena memang, hasil apapun, bahkan yang sama sekali tidak diduga sekalipun, bisa terjadi di lapangan. Sebab, lapangan olahraga bukanlah layar mesin penghitung yang menampilkan hasil baku dari sebuah hitung-hitungan.

Ya, tidak ada yang mustahil terjadi di olahraga. Kalau kata bahasa ibunya orang luar negeri sana, impossible is nothing. Terlebih di olahraga seperti bulutangkis yang tingkat kemampuan antara pemain satu dengan lainnya, nyaris setara. Semuanya bisa saling mengalahkan selama punya kesiapan fisik dan mental, sabar dan mau capek di lapangan.

Sampean (Anda) yang mengikuti bulu tangkis, pastinya paham bagaimana kualitas ganda putra Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sajaya yang kini menempati rangking 1 dunia. Dalam dua tahun terakhir, mereka menjelma menjadi "monster" yang 'rakus gelar'.

Marcus/Kevin mendominasi sektor ganda putra. Faktanya, gelar demi gelar bergengsi mereka raih. Tahun lalu mereka meraih 8 gelar BWF World Tour plus medali emas Asian Games 2018. Lalu, di tahun ini, mereka sudah meraih empat gelar. Dua gelar diraih pada bulan lalu, yakni di Indonesia Open dan Japan Open.

Dikalahkan ganda putra Korea Selatan, Marcus/Kevin belum mampu jadi juara dunia
Pencapaian itu membuat kita dengan mudah menyebut pasangan yang dijuluki Minnions ini tengah dalam kondisi on fire. Karenanya, tidak mengherankan bila Marcus/Kevin diunggulkan sebagai unggulan 1 di ajang BWF World Championship alias Kejuaraan Dunia 2019 yang digelar di Basel, Swiss.

Banyak orang meyakini, tahun inilah saat terbaik bagi Marcus/Kevin untuk menjadi juara dunia. Gelar di level tertinggi yang selama ini belum mampu mereka raih. Lha wong lawan-lawan yang dihadapi juga pemain-pemain itu saja. Pemain-pemain yang bisa mereka kalahkan di rangkaian turnamen BWF World Tour.

Namun, yang terjadi di Basel Swiss, hasilnya sungguh di luar dugaan. Marcus/Kevin yang menjadi unggulan 1, langsung tersingkir setelah kalah di pertandingan pertama. Mereka dikalahkan pasangan muda asal Korea Selatan, Choi Solgyu/Seo Seung-jae lewat pertarungan rubber game selama 1 jam 4 menit, Rabu (21/8) kemarin.

Dikutip dari bwfworldchampionship.bwfbadminton.com, Marcus/Kevin sejatinya mampu mengawali pertandingan dengan baik. Mereka menang di game pertama 21-16. Namun, entah apa yang terjadi di game kedua, mereka takluk dengan skor cukup jauh 14-21.

Di game penentuan, lagi-lagi mereka berada dalam situasi tertekan. Mereka acapkali tertinggal dalam perolehan poin. Ganda Korea ini sempat unggul 16-13. Namun, Marcus/Kevin mampu membalik situasi dan menyentuh match point 20-19 lebih dulu.

Siapa sangka, Choi/Seo justru menyamakan skor dan terjadi adu setting point. Marcus/Kevin lalu balik tertinggal 20-21. Pada akhirnya, Marcus/Kevin kalah 21-23.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x