Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Tukang Nulis

Pemungut kisah dari lapangan. Pernah bekerja di "pabrik koran". Nominasi kategori 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Santai, Nyaman dan Sopan, Outfit Favorit untuk Ngabuburit

24 Mei 2019   22:08 Diperbarui: 24 Mei 2019   22:35 0 7 5 Mohon Tunggu...
Santai, Nyaman dan Sopan, Outfit Favorit untuk Ngabuburit
Memakai outfit baju kokoh putih kekinian saat berbuka bareng istri/Foto pribadi

"Besok (Minggu) kita mulai pembagian takjil 300 pack mulai jam 16.00 ya. Kumpul langsung di lokasi. Setelah pembagian takjil, kita baksos santunan dan sembako serta bukber di Panti Asuhan. Jangan lupa dress code nya atas putih celana jeans'.

Begitu pesan yang saya terima di grup aplikasi chatting di ponsel saya, kemarin. Rencana, saya bersama kawan-kawan SMA, akan 'turun ke jalan' untuk pembagian takjil dilanjut bakti sosial dan buka bersama di panti asuhan. Rencana itu sudah disusun rapi sejak sebelum Ramadan. Termasuk urunan untuk penggalangan dana.

Namun, untuk penentuan dress code nya, saya baru tahu ya lewat pesan tersebut. Ternyata ada dress coe segala. Namanya, juga panitia kebanyakan ibu-ibu, jadinya harus serapi mungkin. Termasuk urusan baju. Kalau yang punya rencana bapak-bapak, rasanya tidak akan sampai sedetail sampai urusan baju yang akan dipakai. Palingan hanya mengimbau yang datang banyak dan acaranya sukses.

Atasan putih dan celana jeans.

Ya, itulah outfit of the day yang akan kami pakai di acara bagi takjil dan bakti sosial besok. Bagi saya, outfit atasan baju putih dan bawahan celana jeans itu pilihan terbaik. Simpel tapi keren.

Bagi saya, paduan busana tersebut masih mencerminkan nuansa Ramadan karena atasannya berwarna putih, tetapi juga tanpa meninggalkan kesan casual lewat celana jeans. Mungkin kalau di ranah politik, inilah yang namanya kombinasi religius nasionalis hehe

Outfit untuk ngabuburit, santai tetapi sopan dan nyaman/Foto pribadi
Outfit untuk ngabuburit, santai tetapi sopan dan nyaman/Foto pribadi
Kebetulan, atasan putih dan bawahan jeans itu memang salah satu paduan outfit favorit saya. Dalam beberapa kali kesempatan ketika ngabuburit maupun berbuka puasa bersama istri dan anak-anak, baju kokoh lengan pendek berwarna putih dipadu celana jeans maupun celana kain, jadi pilihan.

Dan memang, sebagai anak kampung, outfit Ramadan paling keren itu tidak akan jauh dari baju kokoh. ia bak seperti menjadi simbol baju Ramadan. Bedanya, zaman dulu, baju kokoh dipadu dengan sarung, peci warna hitam, dan sandal jepit.

Bedanya lagi, di zaman dulu, baju kokoh ya cuma satu jenis. Baju koko yang berlengan panjang, berkerah dan punya dua saku di bagian bawah kanan dan kiri serta warnanya tidak mencolok. Palingan warna putih, biru muda atau cokelat muda.

Dulu, sebagai anak kampung, kami belum tahu apa itu kemeja koko model slim fit ataupun koko lengan panjang untuk tampilan dressed-up dan manly. Kami juga belum mengenal baju koko model Pakistan ataupun gamis pria Zayidan Ghaisan yang populer itu. Apalagi baju koko ala Black Panther yang pernah hits.

Outfit santai ketika bukber di kompleks perumahan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2