Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Tukang Nulis

Pemungut kisah dari lapangan. Pernah bekerja di "pabrik koran". Nominasi kategori 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Selangkah Lagi, Tim Putri Bulutangkis Indonesia Amankan Medali

20 Agustus 2018   08:44 Diperbarui: 20 Agustus 2018   09:09 0 4 4 Mohon Tunggu...
Selangkah Lagi, Tim Putri Bulutangkis Indonesia Amankan Medali
Fitriani, diharapkan bisa menyumbang poin saat tim putri Indonesia bertemu Korsel di perempat final, Senin (20/8/2018)/Foto: Twitter InaBadminton

Bicara prestasi di cabang olahraga bulutangkis nomor beregu Asian Games, tim putri Indonesia sebenarnya punya pencapaian bagus. Dari 14 kali gelaran sejak cabang bulutangkis beregu pertama kali dipertandingkan di Asian Games 1962 Jakarta, tim putri bulutangkis Indonesia pernah 10 kali meraih medali.

Rincianya, sekali medali emas, empat kali medali peran dan lima kali medali perunggu. Satu-satunya medali emas diraih di tahun 1962 ketika Indonesia untuk kali pertama menjadi tuan rumah Asian Games. Kala itu, tim putri Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia di final.

Sementara empat Asian Games yang berakhir pahit bagi tim putri Indonesia terjadi di Ne Delhi tahun 1982, Busan tahun 2002, Doha tahun 2006 dan empat tahun lalu (2014) di Incheon.

Pertanyaannya, bisakah 'tradisi' tim putri bulutangkis Indonesia meraih medali di Asian Games, bisa kembali tercipta di tahun ini? Peluang untuk terwujudnya harapan tersebut kini sudah ada di depan mata.  

Ya, kemenangan 3-0 atas tim putri Hongkong yang diraih tim putri Indonesia di babak 16 besar nomor beregu cabang olahraga bulutangkis Asian Games 2018 yang dimainkan di Istora Gelora Bung Karno, Minggu (19/8/2018) kemarin, membawa Indonesia lolos ke perempat final.

Artinya, selangkah lagi tim putri bulutangkis Indonesia akan bisa mengamankan medali di rumah sendiri. Sebab, bila tampil di semifinal, praktis minimal akan meraih medali perunggu.

Hanya saja, jalan bagi tim putri bulutangkis Indonesia untuk memburu medali di Asian Games 2018, masih terjal. Sebab, di pertandingan perempat final yang akan digelar, Senin (20/8/2018) pagi, tim putri Indonesia akan menghadapi lawan berat. Yakni tim putri Korea Selatan yang merupakan finalis Asian Games 2014.

Di atas kertas, Korea Selatan yang mendapat bye sehingga langsung bertanding di perempat final, termasuk salah satu unggulan juara. Korea Selatan menjadi unggulan 3 setelah Jepang (unggulan 1) dan juara bertahan Tiongkok (unggulan 2).

Toh, Indonesia yang meski diunggulkan di posisi kelima, punya bekal bagus untuk menghadapi Korea Selatan. Selain dukungan suporter yang bisa menjadi 'teror' bagi lawan, pemain-pemain tim putri Indonesia juga tengah percaya diri menyusul kemenangan atas Hongkong kemarin

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Susy Susanti menyebut kemenangan atas Hong Kong bisa menjadi modal kepercayaan diri bagi tim putri Indonesia untuk menghadapi tim Negeri Ginseng. Susy menyebut Indonesia berpeluang menang atas Korsel.

"Kemenangan atas Hong Kong menjadi modal untuk pertandingan berikutnya melawan Korea. Peluang melawan Korea saya rasa cukup imbang 50-50," ucap Susy Susanti seperti dikutip dari badmintonindonesia.org.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x