Hadi Santoso
Hadi Santoso menulis dan mengakrabi sepak bola

Menulis untuk berbagi kabar baik. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Selamat Datang Liga Inggris 2018/19, Masih Milik Biru Atau Berganti Merah?

11 Agustus 2018   06:03 Diperbarui: 11 Agustus 2018   08:42 349 4 2
Selamat Datang Liga Inggris 2018/19, Masih Milik Biru Atau Berganti Merah?
Gol penalti Paul Pogba ke gawang Leicester City, menjadi gol pertama di Liga Inggris musim 2018/19. Foto: premierleague.com

Stadion Old Trafford di Kota Manchester menjadi 'panggung' dimulainya kompetisi Liga Inggris musim 2018/19. Pertandingan seru dengan tempo permainan cepat khas Liga Inggris, langsung tersaji tatkala tuan rumah Manchester United mengalahkan tamunya, Leicester City 2-1 di laga pembuka, Sabtu (11/8/2018) dini hari tadi. Ya, selamat datang kembali Liga Inggris!

Menyaksikan pertandingan di Old Trafford tersebut, kita seperti disuguhi sebuah film thriller menegangkan dari awal sampai akhir. Di menit ke-3, United sudah unggul lewat penalti Paul Pogba. Ini menjadi gol pertama Liga Inggris musim 2018/19. 

Berikutnya, yang sering terlihat adalah aksi-aksi hebat dua kiper, David De Gea di United dan Kasper Schmeichel di Leicester yang dini hari tadi menjadi dua pemain paling sibuk.

Berikutnya, jauh di babak kedua, United mendapatkan gol kedua mereka lewat gol Luke Shaw (menit ke-83). Leicester sempat menghidupkan harapan lewat gol Jamie Vardy. Sayangnya, gol Vardy sudah sangat telat karena baru muncul di menit ke-92. United pun memenangi laga antar mantan juara tersebut.

Tak hanya bersorak merayakan kemenangan, rasa penasaran fans United terhadap kualitas dua pemain anyar mereka, Andreas Pereira dan Frederico Rodrigues Santos alias Fred, juga langsung terjawab. Pelatih United, Jose Mourinho langsung memainkan dua  pemain tengah asal Brasil tersebut untuk menemani Pogba yang kali ini menjadi kapten tim dalam skema 4-3-3.

Pertanyaannya, mungkinkah kemenangan Manchester United yang memakai jersey baru nya dengan warna 'nge-jreng' berpadu hitam atas Leicester yang mengenakan jersey warna biru itu akan menjadi pertanda. Pertanda bahwa tim berkostum merah akan mengungguli tim berwarna biru dalam perebutan gelar Liga Inggris musim 2018/19 ini.

Kenapa hanya merah dan biru? Bagaimana dengan warna lainnya? Tanpa bermaksud merendahkan kemampuan tim dengan jersey berwarna putih ataupun warna lainnya, faktanya Liga Inggris dalam dalam beberapa tahun terakhir didominasi oleh tim ber-jersey dengan unsur warna biru dan merah. Bahkan, dalam lima musim terakhir, warna biru dengan segala variasi nya, selalu jadi juara.

Masih segar dalam ingatan, di Liga Inggris 2017/18 lalu, Manchester City dengan jersey biru langit/biru muda berhasil menjadi juara dengan mengungguli Manchester United. Di 2016/17, Chelsea dengan jersey biru laut yang jadi juara. 

Di musim 2015/16, Leicester City yang berjaya. Di musim 2014/15, Chelsea juaranya dan di musim 2013/14, City juara. Kali terakhir tim merah menjadi juara Liga Inggris terjadi di musim 2012/13 saat United juara di masa terakhir kepelatihan Sir Alex Ferguson.

Mungkinkah di musim 2018/19, waktunya bagi "tim merah" yang diwakili Manchester United, Liverpool dan Arsenal yang akan tampil sebagai juara, menggusur dominasi "tim biru". Atau malah si putih, Tottenham Hotspur yang membuat kejutan.

Merujuk pada hasil-hasil yang diraih tim-tim Liga Inggris selama masa pra musim, kiprah "tim merah" memang menggemaskan. Arsenal dengan pelatih baru asal Spanyol, Unai Emery, terlihat siap mengarungi Liga Inggris 2018/19 dengan beberapa pemain baru seperti kiper Bernard Leno, bek Stephan Lichsteiner, gelandang Lucas Torreira. Kemenangan 5-1 atas Paris Saint Germain dan 2-0 atas Lazio di masa pramusim, menjadi pramater kesiapan Arsenal.  

Namun, yang paling menarik ditunggu adalah penampilan Liverpool. Dengan beberapa pemain baru berkualitas seperti Fabinho, Naby Keita, Xerdan Shaqiri dan kiper mahal Alisson Becker, Liverpool terlihat sangat siap bersaing memburu gelar. Anak asuh Juergen Klopp ini meraih empat kemenangan penting di laga pra musim. Yakni menang 3-1 atas Torino, 5-0 atas Napoli, 4-1 atas Manchester United dan 2-1 atas Manchester City.  

Bagaimana Manchester City dan Chelsea? Keduanya bahkan sudah tampil di laga Community Shield pekan lalu. Kesimpulannya, City di bawah kendali Pep Guardiola tetap solid dengan mengandalkan pemain-pemain stok lawas. Sementara Chelsea yang kini punya pelatih baru, Mauruzio Sarri masih butuh waktu untuk membentuk tim yang solid.

Sabtu malam nanti, Liga Inggris akan memainkan enam pertandingan. Salah satunya, Chelsea akan away ke markas Huddersfield Town. Sementara Minggu (12/8/2018) besok, tiga pertandingan siap dimainkan. Liverpool akan menjamu West Ham United yang juga berbenah dengan mendatangkan banyak pemain baru.

Dan yang paling menarik, laga pekan perdana Liga Inggris 2018/19 akan ditutup dengan pertandingan besar, Arsenal menjamu Manchester City. Unai Emery akan menandai kiprah perdananya di Liga Inggris dengan cara seru: menghadapi sang juara bertahan yang dilatih oleh rekan senegaranya, Pep Guardiola. Dan lagi-lagi, ini merupakan perjumpaan antara "tim merah" dan "tim biru".

Jadi, sampean (Anda) mendukung tim merah atau tim biru yang akan menjadi juara Liga Inggris 2018/2019. Ah, kepastian juara masih sangat jauh. Meski, awalan bagus bisa menjadi pijakan kuat untuk berlari memburu gelar. Yang jelas, mari menikmati keseruan Liga Inggris yang baru masuk di pekan pertama. Salam.