Hadi Santoso
Hadi Santoso menulis dan mengakrabi sepak bola

Menulis untuk berbagi kabar baik. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Artikel Utama

Ganda Campuran Masa Depan Indonesia "Perang Saudara" di Perempat Final Akita Masters 2018

27 Juli 2018   08:16 Diperbarui: 27 Juli 2018   18:02 1180 3 5
Ganda Campuran Masa Depan Indonesia "Perang Saudara" di Perempat Final Akita Masters 2018
Ganda campuran masa depan Indonesia, RInov Rivaldy/Pitha Mentari | tribunnews.com

Bagaimana kabar pebulutangkis-pebulutangkis Indonesia yang tampil di turnamen Yonex Akita Masters 2018?

Turnamen BWF World Tour Super 100 yang digelar di Akita, Jepang, mulai memasuki babak penting. Hari ini, Jumat (27/7/2018) Akita Masters 2018 akan mempertandingkan babak perempat final. Kabar bagusnya, Indonesia memiliki tujuh (7) pemain yang akan tampil di empat nomor, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra dan ganda campuran. Sementara di nomor ganda putri, wakil Indonesia sudah sold out alias habis.

Dari lima nomor tersebut, jadwal paling menarik tersaji di sektor ganda campuran. Bukan hanya karena Indonesia berhasil meloloskan tiga wakil yang menjadi jumlah terbanyak di banding tiga nomor lainnya. Yakni pasangan Alfian Eka Prasetya/Angelica Wiratama, Akbar Bintang Cahyono/Winny Octavina dan Rinov Rivaldy/Pitha Mentari. Pesona ganda campuran adalah tersajinya pertandingan sesama pemain Indonesia di perempat final.  

Ya, jadwal perempat final mengharuskan Rinov/Pitha melakoni "duel saudara" dengan Akbar/Winny. Ini bukan pertandingan biasa. Keduanya adalah ganda campuran masa depan Indonesia. Usia mereka masih sangat muda. Rinov kini masih berusia tahun. Pitha kelahiran tahun 1999. Lalu Winny kini berusia 19 tahun. Hanya Akbar yang sedikit lebih 'senior' yakni berusia 22 tahun.

Muda tapi sudah berprestasi. Keduanya mencuri perhatian seiring prestasi mereka di tahun 2017 lalu. Rinov/Pitha merupakan juara ganda campuran World Junior Championship 2017 alias Kejuaraan Dunia Junior 2017. Sementara Akbar/Winny merupakan juara nasional Kejuaraan Nasional (Kejurnas) tahun 2017.

Penampilan kedua pasangan ini juga sedang on fire. Di Singapore Open 2018--turnamen yang levelnya leih tinggi dari Akita Masters 2018--pada pekan lalu, keduanya tampil hebat. Rinov/Pitha melaju hingga perempat final sebelum dikalahkan ganda campuran Malaysia, Gih Soon Huat/Shevon Jemie Lai yang akhirnya menjadi juara. Sementara Akbar/Winny bablas hingga semifinal dan dikalahkan senior mereka, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Dengan saling berhadapan di perempat final, salah satu dari mereka tentunya akan tersingkir. Kabar bagusnya, terlepas siapapun pemenangnya, Indonesia sudah memastikan satu tempat di semifinal ganda campuran.

Jadwal perempat final lainnya di sektor ganda campuran, ganda Indonesia Alfian/Angelica akan menghadapi ganda Singapura, Danny Bawa Chrisnanta/Crystal Wong Jia Ying.

Sementara di tunggal putra, Indonesia memiliki dua wakil yakni Chico Aura Dwi Wardoyo dan Ihsan Maulana Mustofa. Lalu di tunggal putri ada Bening Sri Rahayu yang menjadi satu-satunya harapan. Bening yang mengawali turnamen dari babak kualifikasi, berhasil melaju ke perempat final setelah berjuang selama satu jam 6 menit saat mengalahkan pemain Taiwan, Lin Hsiang Ti lewat rubber game 21-19, 12-21, 21-19. Dan di ganda putra, pasangan Akbar Bintang Cahyono/Moh Rezha Pahlaevi Ishafani menjadi satu-satunya wakil Indonesia di perempat final.

Kabar update pagi ini, Akbar/Reza yang tampil di pertandingan pertama perempat final, bahkan sudah memastikan lolos ke semifinal setelah mengalahkan ganda putra Singapura, Danny Bawa Chrisnanta/Terry Hee Yong Kai 21-16, 21-16. Semoga kabar bagus itu menular kepada pemain-pemain Indonesia lainnya.

Selamat berjuang anak-anak muda, doa terbaik untuk pemain-pemain Indonesia di perempat final Akita Masters 2018.