Mohon tunggu...
Haddad Alwi
Haddad Alwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi di Universitas Negeri Medan

Saya adalah seorang mahasiswa yang suka mencoba hal baru dan mengerjakan tugas dengan maksimal. Hobbi saya adalah membaca, berenang dan main game.

Selanjutnya

Tutup

Medan

Merosotnya Moralitas Sosial, Fasilitas Umum di Kota Medan Banyak yang Dirusak

12 Mei 2022   22:35 Diperbarui: 12 Mei 2022   22:38 212 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Medan. Sumber ilustrasi: TRIBUNNEWS/Aqmarul Akhyar

Medan, UNIMED- Banyak fasilitas umum (fasum) di Kota Medan, seperti kursi dan meja taman trotoar dan halte bus, dirusak orang tak bertanggung jawab. Tak hanya dirusak, fasilitas yang disedikan Pemkot Medan juga banyak yang dicuri. Misalnya saja, halte bus Trans Metro Deli di beberapa titik seperti halte Tol Bandar Selamat sudah rusak dan besi-besi tempat duduk halte tersebut juga dicuri oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Seperti diketahui, bus Trans Metro Deli merupakan angkutan Bus Rapid Transit (BRT) mulai beroperasi di Kota Medan, Sumatera Utara pada November 2020. Setelah dua tahun bus ini melayani masyarakat Medan dengan tarif yang masih gratis dan pembangunan halte-halte bus yang semakin banyak di beberapa titik.

Sayangnya, ada saja masyarakat yang merusak halte ini dan mencuri besi bahkan atap dari halte bus ini.Beberapa kursi dan atap yang sudah ditanam dengan mur, raib dari tempatnya. Di beberapa lokasi besi untuk kursi hilang. Lalu, terdapat coretan di kursi dan penyangga halte tesebut.

"Sangat disayangkan untuk masyarakat Medan, banyak sekali halte yang disediakan pemerintah malah dirusak dan dicuri, itulah kurangnya edukasi jadi masyarakat kita kurang pintar kalau dibilang" kata Staff operasional BTS, Bus Trans Metro Deli Kota Medan saat memantau operasional bus di Jalan Letda Sudjono, Selasa (26/04/2022). 

Iqbal bersama sejumlah staff lain memantau kondisi fasum dan bus di Jalan Letda Sudjono dengan menaiki bus seusai meninjau titik-titik lokasi halte bus di ruas jalan tersebut.

Menurut Iqbal, para pelaku tak bertanggung jawab ini perlu diviralkan seperti halnya kasus vandalisme yang sering terjadi di wilayah lain dan kasus ini juga sudah dibicarakan dengan atasan untuk mencari solusi untuk menangani kasus ini. 

"Kalau masalah besi kursi yang hilang atau rusak itu sudah dibicarakan dengan atasan saya dan sudah disandingkan ke pemerintahan dan nanti itu juga akan ada pembaharuan tapi butuh waktu tidak bisa dilakukan sesingkat itu" ujar Iqbal.


Editor : Haddad Alwi, Enwanda Nia Monika, Deselarosa I Simanjuntak & Salsabila Nurul Izza

Mohon tunggu...

Lihat Konten Medan Selengkapnya
Lihat Medan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan