Mohon tunggu...
Edukasi

Cara Bagaimana untuk Mendidik dan Mengasuh Anak

9 November 2018   14:18 Diperbarui: 9 November 2018   15:28 0 0 0 Mohon Tunggu...

Memasuki usia emas atau dibawah 6 tahun, anak masih menunjukkan karaktristiknya yaitu aktif. Sesekali juga, anak terlihat sulit untuk di atur karena anak masih asyik dengan keaktifan mereka. Sebagai orang tua perlu untuk memberikan pendidikan yang tepat kepada anak untuk membangun karakter anak. 

Dan ingat, setiap anak memiliki kemampuan daya tangkap yang berbeda-beda sehingga pendidikan yang akan diberikan juga berbeda pula. Sebelum memberikan pendidikan kepada anak, orang tua harus paham bagaimana pola dan karakter dari anak, apakah anak cepat tanggap dalam menangkap atau masih memerlukan waktu sesaat agar anak dapat memahami dan mencerna suatu masalah. 

Dengan begitu, orang tua akan tau mana yang cocok untuk anak dalam hal pendidikan dan mana yang tidak cocok. Hal yang harus disampaikan atau dilakukan oleh orang tua adalah :

Ajarkan anak tentang keadilan

Dimana anak akan belajar untuk memperhatikan apa yang orang tua sampaikan adalah dengan mengajarkan tentang keadilan. Rasa adil ditumbuhkan kepada anak dengan cara mengajarkan anak untuk belajar mengakui kesalahan yang telah diperbuat oleh anak. Anak akan mulai merasa malu dengan apa yang telah dilakukan oleh anak, dan mengetahui akibat dari perbutan tersebut.

Ajarkan sifat jujur

Mengajarkan kejujuran kepada anak adalah cara lain untuk mendidik anak usia dini. Pada bagian ini, anak akan takut berkata jujur dan akan cenderung untuk berbohong. Berbohongnya anak karena anak takut jikalau apa yang sudah mereka lakukan adalah hal yang salah akan dimarahi. Maka sebagai orang tua, hindarilah memarahi anak jika anak melakukan kesalahan. 

Sebaiknya memberi nasehat tentang kesalahantersebut, dan memberikan suatu kata-kata yang membangun agar anak tidak mengulangi kesalahan tersebut untuk selanjutnya. Dengan begitu, anak akan berfikir kesalahan bukanlah hal yang fatal, melainkan hal yang perlu diperbaiki agar memberikan manfaat untuk dirinya dan orang lain.

Ajarkan untuk menyayangi keluarga

Sifat penyayang dari anak harus di tumbuhkan ketika anak sudah mengerti diri sendiri dan keadaan di sekitar. Diajarkannya rasa sayang terhadap keluarga kepada anak, akan menumbuhkan simpati dan empati anak terhdap keluarga dan orang lain.

Ajarkan menulis dan menggambar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x