Mohon tunggu...
Habib Nurcahyo
Habib Nurcahyo Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pengelolaan Pembelajaran Anak Usia Dini

22 Februari 2018   05:05 Diperbarui: 22 Februari 2018   05:24 608
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik: 1) kurikulum pembelajaran Anak Usia Dini; 2)  setting  kelas  pembelajaran Anak Usia Dini; 3) aktivitas  mengajar  guru  Anak Usia Dini; dan 4) aktivitas belajar  Anak Usia Dini di TK. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah etnografi. Objek penelitian berupa pengelolaan pembelajaran anak usia dini di  TK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi,  wawancara, mendalam, dan dokumen. 

Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif yang mencakup tiga komponen utama, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi data, pemeriksaan anggota dan pemeriksaan informan kunci. Penelitian menyimpulkan bahwa:

1) Kurikulum dikembangkan berdasarkan visi dan misi TK. Kurikulum disusun oleh tim yang terdiri dari unsur sekolah dan komite sekolah.  Struktur kurikulum mencakup pengembangan potensi peserta didik baik psikis maupun fisik. Aspek-aspek yang dikembangkan terdiri dari moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik/ motorik, kemandirian dan seni agar peserta didik siap untuk memasuki pendidikan dasar.

2). Setting kelas pembelajaran anak usia dini diatur sesuai dengan visi dan misi sekolah.  Penataan ruang kelas diatur dengan memberikan akses ke ruang kerja anak, akses ke material atau alat permainan, dan dapat melayani perbedaan dan kebebasan individu anak dalam belajar.

3). Aktivitas guru terdiri dari menyambut peserta didik di depan gerbang sekolah, melaksanakan pembelajaran, hingga mengantar peserta didik ke depan gerbang sampai anak tersebut dijemput oleh orang tua masing-masing.  Aktivitas lain yang dilakukan guru dalam pembelajaran PAUD adalah memilih strategi pembelajaran. Selain melaksanakan  pembelajaran di dalam kelas, aktivitas guru dalam mengajar anak usia dini juga dilakukan di luar ruangan (outdoor).

4). Aktivitas belajar anak usia dini adalah berupa belajar  sambil menari/ atau bergerak; menggambar/ mewarnai sambil belajar; dan menghafal kata sambil bertepuk tangan. Semua aktivitas yang dilakukan tersebut merupakan aktivitas bermain sambil belajar.

METODE PENELITIAN

Penelitian ini temasuk ke dalam jenis penelitian penelitian kualitatif.  Hal ini dikarenakan;  1) data yang dikumpulkan berupa data verbal dan perilaku subjek penelitian yaitu makna-makna dan konteks perilaku yang mengarah pada pemahaman yang lebih luas tentang makna dan konteks tingkah laku dan proses yang terjadi dalam pola-pola amatan dari faktor-faktor yang berhubungan dengan pengelolaan pembelajaran anak usia dini, 

2) jenis data yang dimaksud, dikumpulkan secara langsung dari lingkungan nyata, dari latar alamiah responden dengan peneliti sebagai instrumen utama,  3) proses analisis data yang digunakan ialah model analisis jalinan atau mengalir dan 4) hasil analisis data dinyatakan dalam deskripsi fenomena bukan perhitungan angka model statistik. Desain  penelitian ini adalah model pendekatan etnografi.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumen. Teknik observasi dilakukan dengan mengunjungi lokasi penelitian.  Selain  observasi, teknik lain yang digunakan adalah melalui wawancara mendalam dan analisis dokumen.Teknik analisis data menggunakan model analisis tertata dalam situs. Data yang berupa deskripsi kata-kata dan kalimat yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam, deskripsi hasil interpretasi dari observasi, dan hasil dokumentasi disusun secara teratur dalam bentuk susunan kata.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun