Leonardi Gunawan
Leonardi Gunawan Karyawan

Warga Negara Biasa Yang Ingin Indonesia Ke Piala Dunia

Selanjutnya

Tutup

Bola

Mungkinkah Messi ke Madrid?

18 Juni 2017   14:31 Diperbarui: 18 Juni 2017   14:33 101 0 0
Mungkinkah Messi ke Madrid?
Image: https://www.mirror.co.uk

Salah satu pertanyaan yang paling sering terungkap kalau berbicara tentang masa depan Lionel Messi adalah apakah ada kemungkinan dia untuk meninggalkan Barcelona? Terus klub mana yang akan dituju? Selanjutnya, mungkinkah dia pindah ke Real Madrid?

Pertanyaan terakhir inilah yang kadang menjadi bahan perdebatan tak habis – habisnya. Yang kontra akan mengatakan bahwa tidak mungkin seorang Messi tega menghianati klub yang sudah dibelanya sejak junior,untuk  pindah ke rival abadinya. Yang pro mengatakan tidak ada yang tidak mungkin di dunia saat ini, khususnya sepakbola dimana kekuatan finansial menentukan segalanya.

Namun melihat sejarah kebelakang ternyata walaupun kedua klub ini nampaknya seperti rival abadi tetapi atas nama kepentingan uang dan prestasi perpindahan pemain antar kedua klub ini adalah hal yang wajar. Nama – nama seperti : Luis Figo, Michael Laudrup,Bernd Schuster,Javier Saviola, sampai Luis Enrique adalah sejumlah nama besar yang langsung berganti kaos dari Barcelona ke Madrid dan juga sebaliknya. Ada juga pemain yang membela kedua duanya tetapi setelah bermain ke klub lain terlebih dahulu. Contoh yang paling di kenal adalah Ronaldo dari Brazil.

Kembali ke pertanyaan awal, apakah mungkins eorang Messi pada akhirnya berseragam Madrid? Jawabannya mungkin saja, tergantung beberapa sayarat dan kondisi yang ada. Seperti saat ini, kalau pada akhirnya Ronaldo benar – benar hengkang, Madrid tentunya butuh sosok yang kharismnya minimal mendektai atau setara dengan Ronaldo. Ini bukan berbicara skill atau kepintaran mencetak gol. Tetapi lebih kepada identitas klub untuk tetap diakui sebagai tim terbaik di dunia. Kalau sudah bicara pretise begitu, maka  mendatangkan Messi dari Barcelona menjadi masuk akal.

Hal atau kondisi lainnya yang bisa menjadi pemicu antara lain :

Messi mencari pelatih yang bisa membuatnya nyaman.

Kita tidak tahu bagaimana Barcelona di bawah pelatih baru, kalau saja pelatih baru ini dianggap Messi tidak kompeten maka opsi pindah ke klub lain yang pelatihya bagus bisa menjadi pertimbangannya untuk pindah. Bahkan sebelumnya Messi sendiri mengatakan seperti yang dilangsir detik.com (27/5/2017) bahwa cuma Zidane-lah, pada saat dia masih aktif bermain, pemain yang bisa membuat Messi mau menghampiri terlebih dahulu untuk bertukar kaos. Hal Iini menunjukkan bahwa Messi sendiri menaruh respek yang tinggi untuk pelatih Madrid tersebut.

Kedalaman skuad Barcelona yang tidak mumpuni.

Musim ini boleh dibilang Barcelona gagal, dua target utama mereka lepas, yakni di Liga Champions kalah dari Juventus dan di pentas liga kalah bersaing dari Madrid. Barcelona hanya mendapatkan gelar hiburan dengan merebut Piala Raja. Kualitas skuad Barcelona memang  tidak sekuat 2-3 tahun yang lalu, terutama untuk lini tengah dan belakang. Gelandang penyerang mereka belum ada yang benar – benar mumpuni untuk menggantikan Xavi dan juga Ineista yang sudah termakan usia. Di belakang hanya Pique yang masih layak diandalkan. Kalau Messi merasa bahwa klub tidak bisa menambah kekuatan tim, maka tidak menutup kemungkinan Messi untuk pindah mencari klub yang lebih menjanjikan secara materi pemain, dan untuk di Spanyol maka Madrid-lah yang memiliki hal tersebut.

Faktor Finansial.

Yang terakhir tentunya adalah masalah finansial. Ada dua hal yang bisa dilihat tentang hal ini yakni dari Barcelonanya sendiri yang memang membutuhkan uang untuk menambal kas mereka. Atau faktor Messi sendiri yang ingin mendapatkan penghasilan lebih besar dari yang diterima Barcelona. Sekali lagi melihat kemampuan keuangan klub di tanah Spanyol, cuma Madrid saja yang punya peluang untuk membeli Messi dari Barcelona serta mampu membayar gajinya. Perlu dicatat bahwa dunia saat ini semuanya dipengaruhi oleh motif ekonomi, ada harga mahal ada barang bagus.

Kita tunggu bersama siapa yang akan menggantikan posisi Ronaldo di Madrid ? Kalau Madrid punya banyak uang dan bisa menyakinkan Messi, tidak tertutup kemungkinan Messi akan menjadi kasus Luis Figo ke II.