Mohon tunggu...
Leonardi Gunawan
Leonardi Gunawan Mohon Tunggu... Karyawan

Warga Negara Biasa Yang Ingin Indonesia Ke Piala Dunia

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Lima Kemampuan Selain Akademik yang Harus Dimiliki untuk Masa Depanmu

25 April 2017   11:45 Diperbarui: 25 April 2017   11:52 651 5 0 Mohon Tunggu...

Tantangan di masa depan akan semakin berat. Persaingan antar individu juga semakin ketat. Kalau kita hanya mengandalkan kemampuan akademik saja untuk bersaing tentunya hal itu tidaklah cukup. Berikut 5 skill (kemampuan) yang harus kamu punya untuk dapat menunjang mase depanmu.

  1. Bermain Alat Musik Beberapa orang kemampuan bermain alat music adalah karena bakat, tetapi ada beberapa juga yang mengatakan karena dilatih maka jadi mahir. Kemampuan bermain alat musik sangat banyak manfaatnya. Untuk diri sendiri bisa menjadi self – therapykalau nantinya mendapatkan beban berat karena pekerjaan. Dengan bermusik kita bisa bertemu dengan banyak orang yang sealiran, dengan bertemu banyak orang berarti potensi mendapat teman baru akan semakin banyak.Kalau mendapat teman semakin banyak berarti kesempatan untuk maju dan berkembang pun semakin besar. Karena jaman sekarang relasi akan sangat penting.Dan juga kemahiran bermain alat musik bisa dijadikan pekerjaan sampingan apabila ada yang mau belajar bermain musik. Lumayan khan?
  2. Olahraga. Kemampuan untuk berolahraga ternyata juga penting untuk dimiliki. Selain menyehatkan badan dengan berolahraga biasanya akan mencairkan hubungan yang kaku. Lapangan olahraga juga bisa menjadikan tempat terbaik untuk mendapatkan teman dan relasi baru. Bayangkan bila kamu seorang sales atau pegawai baru. Disaat klienmu atau atasanmu mengajakmu olahraga terus kamu bilang tidak bisa, padahal untuk oalhraga yang sederhana aja. Bagaimana reaksi/tanggapan mereka kepadamu? Pasti jadi tidak enak.Jadi beruntunglah kamu yang sekarang suka berolahraga. Beberapa contoh olahraga yang merakyat dan sampai tua tetap dimainkan adalah : Futsal, Tenis, Bulutangki, Basket , Voli dan Tenis. Nah kamu pintar berolahraga yang mana?
  3. Penguasaan Bahasa Asing. Untuk menghadapi persaingan global penguasaan bahasa asing saat ini adalah sesuatu yang mutlak dibutuhkan. Bahasa Inggris sudah pasti harus dikuasai, selain itu mengusai 1-2 bahasa selain bahasa Ingrris adalah lebih baik. Mandarin atau Jepang adalah pilihan favorit setelah Bahasa Inggris. Nah gimana dengan kemampuan bahasa sekarang? Sudah level mana? Atau malah sama sekali belum mengenal apa itu bahasa asing? Oh ya memiliki kemampuan berbahasa asing hampir sama dengan bermain musik, yaitu bisa menjadi pekerjaan sampingan, yakni memberikan bimbingankepada mereka yang mau belajar.
  4. Memasak. Kemampuan memasak kadang masih disepelekan oleh beberapa orang, padahal dengan bisa memasak banyak hal yang dapat kita peroleh. Pertama masakan yang masuk ke tubuh kita jelas lebih sehat karena kita tau apa yang kita masak. Kedua jelas lebih hemat, apalagi kalau masaknya bersama – sama. Banyak juga yang menyalurkan hobi memasaknya untuk mendapatkan pengahasilan tambahan. Seperti bikin kue dan lain sebagainya. Jadi bagi kamu yang sekarang tinggal sama orang tua da orang tuanya pintar masak jangan sia – sia kan kesempatan untuk belajar. Bagi yang wanita tentunya bekal kedepan. Walaupun bukan untuk buka restoran minimal anak nya nanti bisa makan masakan ibunya untuk para pria selain berguna untuk menjalani hidup kedepan. Dengan bisa memasak kamu pasti akan di nilai “lebih” dimata para wanita. Percayalah.
  5. Menulis Kemampuan terakhir yang akan dibahas adalah kemampuan untuk menulis. Menulis pada dasarnya adalah menuangkan ide yang ada dikepala kedalam bentuk tulisan. Hasilnya bisa berupa  Artikel, Cerpen, bahkan Novel. Dengan menulis dapat kita dapat mengekspresikan diri lewat karya kita. Otak kita dapat semakin terasah.Menulis juga tidak membutuhkan modal yang besar, secanggih dan semahal – mahalnya adalah seperangkat alat tulis berupa laptop. Kalau tidak ada beberapa lembar kertas dan pensil sudah bisa menjadi media berkarya. Selain  tentunya mendapatkan teman, dengan menulis yang berbobot,saat ini peluang mengumpulkan uang akan semakin besar pula. Jadi bagi yang belum mulai sekarang belajarlah untuk menulis.

VIDEO PILIHAN