Mohon tunggu...
Kemara Gumilang
Kemara Gumilang Mohon Tunggu... Penulis - Hanya seorang penulis biasa...

suka baca tulis

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Door to Door Service, Sarana Terbaik Kegiatan Ekspedisi

6 Desember 2021   14:55 Diperbarui: 6 Desember 2021   17:29 195 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Transportasi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Wirestock

Demi memenuhi kebutuhan saya dalam mengirimkan barang dari Surabaya ke luar pulau, lebih tepatnya ke Makassar beberapa pekan lalu. Saya mencoba mengumpulkan berbagai informasi terkait penyedia jasa pengiriman barang yang paling credible dan saya rasa tepat untuk pengiriman barang saya.

Ternyata tidak perlu memakan waktu yang lama, saya menemukan banyak sekali penyedia jasa pengiriman barang, dan dari semua layanan yang diberikan oleh berbagai pihak penyedia jasa ekspedisi itu. Semuanya tampak meyakinkan.

Berbagai jenis layanan yang diberikan oleh penyedia jasa ekspedisi itu bertujuan untuk mempermudah kegiatan pengiriman barang yang akan dilakukan nantinya.

Salah satu layanan yang selalu ada di hampir semua penyedia jasa ekspedisi adalah Door to Door Service atau layanan pengambilan dan pengiriman barang hingga sampai ke depan rumah tujuan.

Berarti secara tidak langsung, saya tidak perlu mengantarkan barang ke kantor penyedia jasa ekspedisi dan penerima juga tidak perlu melakukan pengambilan ke kantor penyedia jasa ekspedisi. Semuanya akan di handle oleh penyedia jasa pengiriman barang tersebut.

Dengan banyak pertimbangan, akhirnya saya memutuskan untuk menjatuhkan pilihan ke salah satu penyedia jasa ekspedisi yang saya lihat reviewnya di berbagai sumber media sosial sangat baik.

Singkat cerita kegiatan pengiriman barang atau ekspedisi Surabaya Makassar saya berjalan dengan lancar, dan benar saja dengan layanan Door to Door Service semua terasa sangat mudah.

Jadi untuk semua rekan yang akan melakukan kegiatan ekspedisi, saya menyarankan untuk benar-benar memanfaatkan layanan Door to Door Service yang diberikan oleh penyedia jasa ekspedisi.

Untuk rekan yang masih awam terkait layanan ini, dengan pengalaman saya kemarin, berikut adalah hal-hal yang harus rekan lakukan sebelum melakukan pengiriman barang dengan menggunakan layanan Door to Door Service

  1. Pastikan Kondisi Barang Kiriman
    Pastikan kondisi dari barang yang akan dikirim atau paket sudah benar benar rapi dan tidak ada yang kurang. Barang atau paket yang dikirim harus dalam keadaan masih baik dan sesuai dengan keinginan pengirim dan penerimanya. Benar-benar pastikan barang kiriman sudah sesuai sebelum menghubungi pihak ekspedisi.Dari pihak penyedia layanan Ekspedisi Surabaya Makassar pasti akan melakukan cek barang sebelum barang dibawa. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar barang kiriman atau paket akan sesuai ketika dalam proses Ekspedisi Surabaya Makassar. Sebab jika paket mengalami kerusakan saat pengiriman maka hal ini bisa disebabkan karena kondisinya tidak dicek terlebih dahulu.
  2. Tarif yang Akan Dikenakan
    Dalam menggunakan layanan 'Door to Door Service' ini haruslah ada komitmen antara pelanggan dan penyedia jasa untuk menyepakati tarif yang akan dikenakan. Karena Beberapa penyedia jasa ekspedisi akan membebankan biaya layanan ini ke pelanggan, sehingga menyepakati tarif yang akan dikenakan dengan menggunakan layanan 'Door to Door Service' adalah hal yang wajib dilakukan.Terlebih jika kesepakatan tersebut dinyatakan langsung oleh pihak Ekspedisi Surabaya Makassar yang dapat dipertanggung jawabkan. Jangan sampai salah satu pihak merasa dirugikan ketika menggunakan layanan ini.
  3. Ikuti Prosedur Penyedia Layanan Ekspedisi
    Dalam menggunakan layanan 'Door to Door Service' pihak ekspedisi akan mengecek terlebih dahulu kondisi barang kiriman serta bagaimana pengemasannya. Prosedur ini harus dilakukan oleh pihak Ekspedisi Surabaya Makassar.Sebab belum tentu paket tersebut sesuai dengan prosedur atau syarat barang yang bisa dikirimkan oleh pihak ekspedisi. Jika memang harus dilakukan pengemasan ulang, pelanggan harus mengikuti prosedurnya. Hal ini dilakukan untuk membuat paket atau barang kiriman tersebut dalam kondisi baik dan aman hingga sampai tujuan.

Pihak ekspedisi juga tentunya memiliki standar serta prosedur tersendiri, seperti paket atau barang kiriman apa yang layak atau tidak untuk dikirimkan. Sehingga proses survei dan pengecekan barang yang akan dilakukan oleh pihak ekspedisi harus diterima dengan baik. 

Dengan begitu kegiatan pengiriman barang dengan menggunakan layanan 'Door to Door Service' dapat berjalan dan memberi kenyamanan bagi semua pihak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan