Mohon tunggu...
Gusti NM
Gusti NM Mohon Tunggu... Profil Kompasiana Gusti

Perangkai simbol. Menaruh perhatian pada kajian Filsafat, Politik, Sosial dan Ekonomi. Mengikuti perkembangan Teknologi, olahraga, Hiburan dan Gaya.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

5 Situs Terbaik untuk Akses Buku Gratis!

28 Juni 2019   23:33 Diperbarui: 28 Juni 2019   23:54 0 1 0 Mohon Tunggu...
5 Situs Terbaik untuk Akses Buku Gratis!
dokpri - screenshot

Buku sampai kapanpun akan menjadi barang yang bermanfaat bagi manusia. Tidak hanya menstimulasi pikiran dan imajinasi, tetapi juga bisa memperbanyak referensi dan kosakata yang penting bagi kehidupan. Kondisi sebuah peradaban bisa tercermin dari pengetahuan dan riset yang Ia hasilkan dan semakin baik pengetahuan yang dihasilkan semakin baik pula peradaban tersebut, dan dalam kasus tersebut keberadaan buku bersifat vital.

Buku dan pengetahuan sangat mencerminkan peradaban bahkan ada satu adagium yang beredar terkait fenomena terbakarnya perpustakaan Alexandria pada tahun 48 SM (sebelum masehi), adagium tersebut berbunyi setidaknya seperti ini "Terbakarnya Perpustakaan Alexandria di Mesir membuat kemajuan manusia mundur 1000 tahun". Buku bagi peradaban dan individu personal sangatlah bermanfaat, maka dari itu pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan 5 situs terbaik untuk akses buku gratis.

1. Manybooks (manybooks.net)

Dibentuk pada tahun 2004 oleh sekumpulan orang yang peduli akan keberadaan dan sirkulasi buku, situs manybooks memiliki jumlah e - books yang banyak sekitar lebih dari 50.000 e - book gratis yang dapat di download. Penulis secara langsung pernah mengunduh buku di situs ini, pengguna yang ingin mengunduh buku di situs ini tinggal membuat akun (hanya membutuhkan e - mail!) dan gratis atau mendaftar menggunakan akun facebook. Setelah membuat akun barulah dibolehkan untuk mengunduh buku dari sini.

Kelebihan :

  • Unduh buku gratis
  • Baca buku gratis

2. Bookboon.com (bookboon.com)

dokpri - screenshot
dokpri - screenshot
Nah kalau situs ini bagus banget buat pelajar atau para profesional kerja. Dalam situs bookboon.com terdapat banyak buku textbook bisnis, ekonomi, akuntansi, manajemen dan buku - buku lain untuk para pelajar dan profesional perusahaan. Memang ada perbedaan antara bookbboon.com dan situs lain, bookboon sepertinya sangat berfokus pada bidang pengetahuan yang spesifik (pengetahuan yang berhubungan dengan enterpreneur dan bisnis) serta ada beberapa buku yang harus berbayar. Tetapi sebagian besar, bahkan lebih dari 80 % buku di bookboon.com gratis.

Kelebihan :

  • Unduh buku gratis
  • Baca buku gratis

3.  Project Gutenberg (gutenberg.org)

dokpri - screenshot
dokpri - screenshot
Situs ini mengambil namanya dari penemu mesin cetak Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg (Abad ke - 13) yang membantu proses percetakan menjadi lebih masif, dahulu buku harus ditulis dengan tangan, Gutenberg mengubah semua itu dengan mesinnya. Situs ini dibuat oleh Michael Hart pada tahun 1971. Situs ini merupakan situs pertama yang menjadi situs penyimpan eBook dan situs pertama yang memudahkan (akses gratis) terhadap eBook. Sekarang situs ini memiliki 59.734 eBook menurut situs Project Gutenberg.

Kelebihan :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2