Mohon tunggu...
agus s
agus s Mohon Tunggu... Freelancer - Literasi

Menulislah Maka Kamu akan Menemukan Cinta

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Mengubah 5 Perilaku Ketika Orang di Sekeliling Tidak Menghargai Kita

2 November 2022   10:55 Diperbarui: 2 November 2022   11:02 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Apakah pernah merasakan di mana sekeliling anda tidak begitu menghargai anda? Kalau iya jangan khawatir, jangan pula bersedih, ataupun murung. Justru dari keadaan itulah yang akan menguatkan mental anda. Namun, seringkali yang terjadi seorang yang mengalami kondisi tersebut membuat kondisi mental terjatuh. Seakan dirinya tidak lagi berguna, tidak lagi dianggap dan tentu akan mengalami kondisi titik terendah dalam kehidupan. Memang hal itu wajar karena kondisi pikiran akan memaksa hati untuk terus berkerja lebih. Alhasil ketika itu terus terjadi anda akan terpuruh dalam lembah ketikdakbergerakan. Semakin lama terpuruk dan terpendam dalam ketikdaknyamanan diri.

Jika anda berpikiran hanya anda sendiri yang mengalami itu salah. Justru di luar sana banyak orang yang lebih parah. Menjadi pembeda adalah bagaimana mereka dapat menetralisir secara mandiri. Mendinginkan suasana hati yang terlanjur panas. Terlebih mereka dapat melakukan kegiatan yang positif serta mengambil hikmah atas apa yang tengah di alami. Namun ada beberapa hal yang penting anda lakukan untuk mengubah hal itu menjadi sebuah energi positif.

Buanglah Perasaan Negatif karena Tidak Dihargai Bukan Jaminan Anda Tidak Punya Impian

Bagi seorang yang tidak begitu dihargai oleh orang disekelilingnya kebanyak selalu berpikir negatif. Pikiran akan segala kesalahan yang dilakukan kepada orang disekelilingnya. Tidak saja itu berpikir juga akan kelemahan diri yang mungkin orang lain tidak menghargai kita. Buanglah semua pemikiran yang demikian karena akan menyumbat energi positif dalam diri anda. Segeralah terbangun dan berpikir bahwa dengan tidak dihargai akan merenggut seluruh impian kita. Semakin tidak dihargai justru akan memberikan ruang untuk anda bepikir untuk fokus ke depan. Orang lain akan melihat kamu selalu dibawahnya kemudian mereka akan terlena bahwa kamu terus berbenah dan belajar.

Hindari Rasa Marah Berlebih Karena Akan Menghambat Anda Berubah 

Ketika menghadapi situasi orang lain tidak mengahargai anda. Pasti yang terlitas adalah sebuah perasaan marah dan emosi. Merasa anda tidak dihargai di pojokkan dan tidak adil diberlakukan demikian. Hal itu justru jangan dilakukan karena rasa marah yang berlebih justru akan membuat anda tidak tidak berubah. Fokus tujuan untuk membalas dan semakin membenci orang lain yang membenci anda. Selain itu melalui marah akan menguras energi, pemikiran, dan tentu perasaan kita. Lebih baik bersikap biasa, tetapi tidak biasa dalam berbuat. Maksudnya terus bergerak untuk maju dan suatu saat akan menunjukan kesuksesan bagi orang itu.

Tunjukkan Dengan Keberhasilan 

Ketika anda tidak dihargai orang lain justru dari situlah muncul sebuah semangat yang mengelora. Jangan justru anda patah semangat karena orang lain akan menanggap telah gagal dalam mengemban kehidupan. Penting untuk diingat pula bahwa anda tidak dihargai bukan sebuah jaminan anda tidak berhasil dalam kehidupan. Justru akan menjadi pelecut motivasi untuk terus bergerak dan belajar membuntikan bahwa anda bisa.

Berusaha Untuk Tenang 

Saat anda mendapatkan perlakuan tidak diharga orang lain pasti akan merasakan ketidaktenagan diri. Merasa bersalah atau melakukan kesalahan terhadap orang lain. Hapus pemikiran demikian karena akan menghambat anda untuk melakukan sesuatu yang positif. Pemikiran anda akan terpusat bagaimana untuk memperbiki diri dan mencoba mendekati orang lain yang tidak menghargai itu. Semangat untuk berubah justru semakin hilang secara perlahan. Untuk itu, jangan sampai anda terlalu tidak tenang dengan mengahadapi permasalahan yang demikian. Hadapi dengan rileks anggap kehidupan yang menentukan bukan orang lain melainkan diri anda sendiri.

Belajar Menerima 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun