Mohon tunggu...
Gusti Mahadhian Putra Y
Gusti Mahadhian Putra Y Mohon Tunggu... Lainnya - Trisakti High School of Tourism

Hi! Selamat Datang di Website Ini. Saya Gusti Mahadhian Putra Yudhiantono, Mahasiswa aktif Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Program Studi S1 Hospitality dan Pariwisata. Saya adalah Penerima Beasiswa Unggulan 100% dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Opini dari Buku "The Hard Truth About Soft Skills" oleh Peggy Klaus

12 Agustus 2021   23:17 Diperbarui: 12 Agustus 2021   23:28 117 2 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Hai, Perkenalkan nama saya Gusti Mahadhian Putra Yudhiantono, Mahasiswa aktif semester 4 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, Program Studi S1 Hospitality dan Pariwisata. Saya adalah penerima Beasiswa Unggulan 100% dari Kemdikbud pada tahun 2019.

Kali ini saya membuat artikel opini Bab 1,2, dan 3 dari sebuah buku berjudul "THE HARD TRUTH ABOUT SOFT SKILLS; WORKPLACE LESSONS SMART PEOPLE WISH THEY'D LEARNED SOONER" oleh Peggy Klaus. Selamat membaca teman teman. 

BAB I : Control Yourself (Kendalikan Dirimu)

  • Mengenali diri anda sendiri sama pentingnya dengan mengetahui bagaimana cara bekerja.

Banyak motivator berkata "Ikuti Passionmu, kalo kamu pikirkan itu, kamu akan mendapat impian itu" memang betul, kata-kata tersebut sangat menginspirasi dan benar untuk dilakukan. Tapi ada satu masalah yang terlewatkan, hanya karna anda merasa anda memiliki passion untuk suatu hal, belum tentu menjadikan anda handal pada hal tersebut. Ketika melihat realitanya terkadang kita malah mempelajari sesuatu yang lebih menguntungkan kita daripada yang menyenangkan kita. Meskipun jika anda memiliki; passion, talent, and aptitude tidak menjamin kesuksesan anda, setiap masing-masing dari kita memiliki bakat tersendiri yang akan cocok jika berada dibidang bakat kita itu sendiri. Maka dari itu mengenali diri anda sendiri adalah hal penting.

  • Tidak ada suatu hal yang namanya kestabilan dalam kehidupan dan pekerjaan, semua memiliki timbal balik.

Hal besar dalam mengenali diri anda adalah memastikan bahwa karir yang anda ciptakan memiliki arti yang penting sepanjang hidup anda. Semakin anda besar semakin mahir anda dalam memutuskan mana yang prioritas; keluarga, suami, anak, kendaraan,dsb. Namun terkadang tidak semuanya berjalan lancar, masalah kerap datang yang dapat menyebabkan ketidak stabilan kehidupan sehari-hari dan pekerjaan. Jadi ketika anda berada dalam waktu yang tidak baik, coba membuat 'timbal balik asessment' yang berisi bagaimana karir anda berdampak pada masa depan anda agar anda dapat memilah dan mengetahui apa yang anda lakukan.

  • Kesetiaan dapat mengkhianati anda.

Ketika anda setia kepada suatu hal atau pekerjaan kesetiaan memang bagus untuk dilakukan, tapi harus berhati-hati, anda akan dianggap tau dan handal dalam pekerjaan anda, anda dapat jenuh, lelah dan seenaknya. Maka diperlukan perubahan-perubahan kita sebagai manusia.

  • Mendengarkan merupakan keberanian anda.

'Berfikir sebelum melakukan' merupakan hal yang bagus untuk dilakukan, tapi bagaimana dengan 'Rasakan sebelum melakukan', akan lebih bagus jika melakukan yang terakhir. Dengarkan intuisi atau insting anda, pahami apa yang anda rasakan, interpretasikan pemikiran itu ke kalimat, tanya diri sendiri apakah nyaman di situasi tersebut.

  • Tidak ada resiko, tidak ada hasil.

Apapun yang anda lakukan memiliki resiko bahkan untuk hal-hal yang tidak sengaja, kembali lagi kepada diri kita apakah siap menerima resiko tersebut? Semakin besar resiko anda, semakin besar yang anda dapat. Ketahui kenyamanan anda pada resiko, mengetahui sisi positif dan negatif dari segala hal, dan ketika sudah mengetahu resikonya, anda akan membutuhkan banyak orang.

  • Keluar dari zona nyaman.

Perubahan harus dilakukan, memang penuh resiko dan ketidak pastian, tetapi perubahan harus kita lakukan sesuai dengan cerminan diri kita. Ketika anda merasa terjebak, pikirkan kembali masa dimana anda berjuang mendapatkan apa yang anda punya saat ini. Tidak ada yang menghalangi dirimu selain dirimu sendiri.

  • Mempelajari kebenaran tentang integritas.

Ketika anda berada disituasi dimana anda harus membela diri anda sendiri dan menjelaskan bahwa apa yang anda lakukan adalah benar. Last but not least,  ketika anda ingin menjelaskan diri anda sendiri perhatikan etika-etika yang ada.

  • Kamu harus menjadi handal untuk menjadi beruntung.

Menjadi orang beruntung ternyata tidak sulit selama kita melaksanakan apa yang harus kita kerjakan, tetap ingat untuk selalu menjadi diri sendiri dimanapun anda berada

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan