Mohon tunggu...
Gusti Putu Mahendra Putra
Gusti Putu Mahendra Putra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar - Junior Programmer

Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Memahami Penelitian Sebelum Memulainya

24 September 2022   07:54 Diperbarui: 24 September 2022   08:08 26 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo sobat mahasiswa akhir, masih asingkah kata Penelitian terdengar ditelinga kalian ? Tentu tidak bukan.


Penelitian adalah kegiatan yang dipertimbangkan yang bertujuan untuk memberikan kontribusi asli untuk pengetahuan. (Dawnson, 2009).Tentunya sebelum memulai penelitian kita harus memahaminya terlebih dahulu, hal-hal apa saja yang diperlukan dalam suatu penelitian. Mari kita ulas lebih lanjut.

Pada umumnya, Penelitian merupakan suatu proses mencari sesuatu secara sistimatis dalam waktu yang relatif lama dengan menggunakan metode ilmiah dengan prosedur maupun aturan yang berlaku. Penelitian itu sendiri terjadi karena adanya dorongan rasa ingin tahu mengenai sesuatu hal yang sedang terjadi dilingkungan sekitar. Lantas muncul pertanyaan Untuk Apa Penelitian Itu Dilakukan ?

Seseorang melakukan penelitian untuk mencari jawaban dari permasalahan yang sedang terjadi dimana permasalahan tersebut mungkin sudah diketahui metode pemecahannya namun mencoba lagi menemukan metode lainnya yang diharapkan lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu, dalam melakukan penelitian tidak boleh dilakukan secara asal-asalan karena bisa menghasilkan penelitian yang sulit dipahami oleh pembaca.

Supaya penelitian tidak dilakukan secara asal-asalan, maka bagi peneliti harus menggunakan yang namanya metodologi penelitian.
Nah sebelum membahas lebih lanjut tentang metodologi, ada baiknya kita perlu mengetahui sedikit tentang konsep penelitian.

  • Penelitian dilakukan karena adanya masalah penelitian, dimana masalah penelitian sendiri muncul karena adannya latar belakan masalah yang terlahir dari masalah kehidupan.
  • Penelitian dilakukan secara terencana, sistematis, berulang-ulang dan terukur. Penelitian harus memiliki orisinalitas (originality) dan kebaruan (novelty), serta menghasilkan kontribusi yang orisinil pada pengetahuan dalam bentuk menemukan atau merevisi teori, metode, fakta, dan aplikasi.
  • Terakhir, membangun software bukanlah tujuan utama penelitian, hanya testbed untuk mempermudah kita dalam mengukur hasil penelitian.

Back to topic, Bicara soal metodologi penelitian bisa dibilang sebagai salah satu disiplin ilmu yang hingga saat ini masih tumbuh. Bahkan, sampai saat ini juga metodologi penelitian terus dikembangkan. Maka dari itu, metodologi sudah termasuk dalam salah satu mata kuliah yang wajib diikuti.

Penggunaan metodologi penelitian ini disesuaikan dengan bidang yang akan diteliti, misalnya pada bidang kesehatan, maka metodologi penelitian yang digunakan harus berkaitan dengan kesehatan. Metodologi penelitian ini akan mengarahkan peneliti untuk memilih metodologi penelitian yang tepat dan sesuai dari tujuan penelitian. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa pemilihan metodologi yang tepat bisa menghasilkan penelitian yang tepat juga serta isinya mudah dipahami oleh para pembaca.

Demikian artikel yang saya buat, semoga dapat membantu teman-teman mahasiswa dalam memahami pentingnya penelitian sebelum memulai membuatnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan