Mohon tunggu...
Moehammad Gustavie
Moehammad Gustavie Mohon Tunggu... -

that's a simple man of quality, creativity, surgent. My blog : http://gustav-econimics.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Money

Peluang Bisnis di Musim Hujan

11 November 2011   06:39 Diperbarui: 25 Juni 2015   23:48 2162 0 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

[caption id="attachment_142983" align="aligncenter" width="300" caption="Musim hujan tiba"][/caption] Musim penghujan sudah tiba. Beberapa pekan terakhir ini, Jakarta dan sekitarnya sudah sering diguyur hujan, terlebih menjelang sore dan malam hari. Air dan cuaca yang sedikit dingin sepertinya menjadi sahabat dekat kita semua untuk sementara waktu ini.

Berpikir kreatif sebagai seseorang yang jeli melihat peluang usaha, musim hujan bisa juga kita manfaatkan untuk berbisnis. Tentu saja bisnis yang kita sediakan akan berkaitan dengan hujan.

Salah satu produk atau bisnis yang menurut saya kreatif, yang saya temui dari sebuah situs jejaring sosial adalah penyediaan jas hujan bagi pengendara sepeda motor. Jas hujan memang biasa, tapi uniknya jas hujan yang satu ini, satu potong bisa dipakai untuk dua orang, pengendara dan penumpang sepeda motor.

[caption id="attachment_142984" align="aligncenter" width="300" caption="Jas hujan untuk pasangan"][/caption] Yang saya baca dari halaman facebook penyedia jas hujan unik itu, produk jas hujan 2 in 1 ini diberi nama Soulmate Rain Coat. Menurut si penyedia jas hujan, produk jas hujan soulmate ini diperuntukan atau bisa dipakai oleh siapa saja, mulai dari suami istri, pasangan kekasih, orang tua dan anaknya, sampai ke pengojek dan penumpangnya.

Hem.. cukup menarik bukan idenya. Jas hujan ini sendiri dipasarkan dengan harga sekitar Rp 120 ribu per potong. Untuk info lengkapnya, teman-teman sekalian bisa mengakses alamat ini : http://www.facebook.com/KadoUnik.OS.

[caption id="attachment_142985" align="aligncenter" width="300" caption="Bisnis jas hujan"][/caption] Potensi bisnis jas hujan saya rasa cukup besar. Apalagi melihat banyaknya sepeda motor yang melintas di jalan raya. Setiap pengendara sepeda motor pastinya membutuhkan jas hujan. Pun begitu, agar bisnis ini bisa sukses juga, ada baiknya jas hujan yang kita produksi bisa tampil beda dibanding produk serupa yang sudah lebih dulu ada di pasaran. Lagi pula, banyak juga kok para bikers yang peduli dengan penampilannya ketika berkendara, jadi model jas hujan juga boleh sedikit fashionable.

Di musim hujan, peluang bisnis lain yang tak kalah terbukanya adalah bisnis payung. Memang di luar sana ada banyak penyedia payung. Tapi kita bisa saja tampil beda, dengan membuat motif-motif payung yang kreatif, unik, dan lucu.

[caption id="attachment_142986" align="aligncenter" width="300" caption="Payung dengan desain yang menarik"][/caption] Kalau kebanyakan payung motif adalah polos maka kita bisa membuatnya dengan corak yang berbeda, misalnya gambar bunga-bunga, pemandangan alam, atau juga gambar artis atau grup band yang sedang populer. Sementara untuk payung anak-anak, kita bisa memberinya gambar-gambar kartun, hewan, mainan, dan lain sebagainya.

Nah, terinspirasi dengan jas hujan couple tadi, payung juga bisa dibuat untuk berpasangan lho. Misalnya, satu atap payung diberi dua gagang untuk pegangan. Tentu saja ukuran payungnya dibuat sedikit lebih besar, supaya penggunanya bisa tetap merasa nyaman.

[caption id="attachment_142987" align="aligncenter" width="300" caption="Payung untuk pasangan"][/caption] Selain jas hujan dan payung, masih ada bisnis-bisnis musim hujan lainnya yang juga cukup potensial untuk dilakukan, misalnya bisnis cuci motor atau mobil, kemudian bisa juga bisnis laundry alias jasa cuci dan pengeringan pakaian.

Meski bisnis musim hujan termasuk bisnis musiman, bukan berarti bisnis seperti ini tak bisa menguntungkan. Asal kita kreatif dan mau berusaha, bisnis musim hujan bisa mendatangkan profit yang lumayan.

Gambar : http://tokopedia.com, http://blogspot.com, http://wordpress.com, Blog saya : http://gustav-econimics.blogspot.com/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan