Mohon tunggu...
Gustaaf Kusno
Gustaaf Kusno Mohon Tunggu... profesional -

A language lover, but not a linguist; a music lover, but not a musician; a beauty lover, but not a beautician; a joke lover, but not a joker ! Married with two children, currently reside in Palembang.

Selanjutnya

Tutup

Humor Pilihan

Inilah Kartun Perdana Saya, Jokowi versus Prabowo

8 April 2014   00:51 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:56 520
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_319039" align="aligncenter" width="540" caption="(ilust dok pribadi)"][/caption]

Namanya juga kartun perdana, pasti banyak kekurangan dan kelemahan, baik dari segi tema, maupun estetika gambar. Saya mencoba menangkap suasana perang urat syaraf antara kandidat presiden Jokowi dan Prabowo. Gambar pertama melukiskan pertandingan panco antara keduanya, sedangkan gambar kedua melukiskan poster keduanya sedang diusung oleh anak-anak yang sedang berbaris.

[caption id="attachment_319040" align="aligncenter" width="560" caption="(ilust dok pribadi)"]

1396867791962661920
1396867791962661920
[/caption]

Apa makna yang ingin saya convey dengan kedua kartun ini? Sepertinya saya sendiri tak bisa mengatakannya dengan gamblang. Ada yang mengatakan saya lebih condong kepada Jokowi, karena pada gambar pertama melakoni pertandingan panco, Jokowi tersenyum lebar sedangkan Prabowo memasang tampang serius. Pada kartun kedua, poster Jokowi berada di depan dibuntuti oleh poster Prabowo, sehingga ada yang menginterpretasikan saya menyiratkan Jokowi selalu leading dalam konkurensi ini.

Tapi sepertinya saya bukan ingin menginsinuasikan hal seperti ini. Pada kartun anak berbaris mengusung poster, saya hanya sekedar ingin menonjolkan kelucuan dan keunikan nama belakang keduanya yaitu yang satu “Wi” dan yang lainnya “Wo”, sehingga pantas diberi caption “Wi versus Wo”. Itu saja. Kalau posisi poster Jokowi berada di depan, ini hanya kebetulan (coincidence) saja. Demikian pula kartun lomba panco, Jokowi tersenyum karena patron yang saya temukan kebanyakan Jokowi sedang tertawa, sedangkan Prabowo sebagian besar memang berwajah serius alias “mahal senyum”.

Mudah-mudahan dua kartun ini dapat memberi hiburan ringan bagi Kompasianers sekalian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humor Selengkapnya
Lihat Humor Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun