Mohon tunggu...
Gusneti Neti
Gusneti Neti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Gusneti mahasiswa teknik geologi UNDIP

Mahasiswa Teknik geologi UNDIP 2018

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa Edukasi Cuci Tangan 6 Langkah, Etika Batuk, Serta Cara Penggunaan Masker

5 Agustus 2021   16:04 Diperbarui: 5 Agustus 2021   17:26 24 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Edukasi Cuci Tangan 6 Langkah, Etika Batuk, Serta Cara Penggunaan Masker
Sosialisasi Edukasi Cuci Tangan 6 Langkah, Etika Batuk dan Cara Menggunakan Masker yang Baik dan Benar (dokpri)

Lubuk Sikaping, Nagari Durian Tinggi(14/7) Pelaksanaan kegiatan KKN UNDIP TIM II Periode 2021 ini berbeda dari biasanya mengingat adanya pandemi Covid-19. Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 30 Juni 2021 dengan lokasi pada masing-masing domisili mahasiswa berupa program kerja monodisiplin selama 45 hari dalam bentuk sosialisasi dan pemberian edukasi kepada masyarakat. Namun kegiatan pengabdian ini tetap berjalan dengan mematuhi protokol kesehatan new normal. Pelaksanaan KKN Pulang Kampung ini dilakukan pula oleh Gusneti di Nagari Durian Tinggi, Kecamatan Lubuk Sikaping.

Dalam era new normal ini masyarakat diharuskan mengurangi berkegiatan di luar rumah dan terus mematuhi protokol kesehatan. Namun kurangnya pemahaman menyebabkan masyarakat mengganggap adanya new normal berarti virus Covid-19 telah musnah sehingga mereka bebas melakukan kegiatan di luar rumah. Masyarakat cenderung enggan menggunakan masker saat keluar rumah, tidak menerapkan physical distancing dan kurang menjaga kebersihan tangan serta protokol kesehatan lainnya.

Berangkat dari permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Undip merancang program mengenai edukasi cuci tangan 6 langkah, etika batuk serta cara menggunakan masker yang baik dan benar. Kegiatan ditujukan pada masyarakat Nagari Durian Tinggi terutama anak-anak yang menganggap adanya pandemi Covid-19 ini tidak berbahaya. Edukasi ini dilakukan dengan menggunakan video animasi dan poster yang berisi tentang 6 langkah cara mencuci tangan, etika batuk dan cara menggunakan masker yang baik dan benar.

 Olahraga/Senam Bersama di Nagari Durian Tinggi (dokpri)
 Olahraga/Senam Bersama di Nagari Durian Tinggi (dokpri)

"Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan anak-anak bisa lebih memahami dan menerapkan protokol kesehatan serta juga diisi dengan olahraga bersama dan pembagian masker gratis yang mudah untuk anak-anak."

Pembagian Masker gratis di Pasar Nagari Durian Tinggi (dokpri)
Pembagian Masker gratis di Pasar Nagari Durian Tinggi (dokpri)

Berikutnya kegiatan yang dilakukan terkait kantor wali nigari yang belum memiliki peta administrasi desa. Dengan adanya permasalahan tersebut sehingga dibuat program kerja berupa Pelatihan Pembuatan Peta Administrasi.

Peta administrasi merupakan data teknis yang sangat diperlukan dalam suatu desa untuk mengetahui letak dan batas suatu wilayah. Peta administrasi juga memuat sarana gampong seperti jalan, drainase, dan lain-lain. Secara umum peta berisi gambaran umum permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu dan dilengkapi dengan legenda, adapun legenda memuat tentang simbol-simbol berisi keterangan. Peta digunakan sebagai sarana penyampaian informasi mengenai suatu kondisi letak suatu wilayah dan lingkungan disekitar wilayah tersebut, sehingga mempermudah dalam mendapatkan informasi mengenai suatu daerah.

Guna melakukan pengembangan program kerja, mahasiswa melakukan pembuatan materi serta peta yang akan digunakan untuk penyuluhan untuk masyarakat dan dilanjutkan dengan pelatihan terkait pembuatan peta administrasi. Kegiatan ini dilakukan kepada warga Nagari Durian Tinggi Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman dan melalui video yang disebarkan lewat media sosial.

Oleh: Gusneti

Editor: Gusneti

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN