Mohon tunggu...
Gus mirza
Gus mirza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Traveling

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Pertumbuhan Ekonomi Batik Hadapi Resesi 2023

30 November 2022   10:25 Diperbarui: 30 November 2022   11:00 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Bagi masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan batik, hasil karya tangan yang satu ini bahkan sudah mendunia. Batik menjadi karya turun temurun leluhur  bangsa Indonesia yang di dalamnya terdapat perpaduan antara seni dan teknologi. Coraknya yang beragam mengndung filosofi dan makna penuh arti menjadikan batik terus di kembangkan hingga sekarang. 

Di era saat ini, batik menjadi salah satu penunjang ekonomi masyarakat Indonesia. Dengan inovasi baru batik tidak lagi hanya sebagai selembaran kain yang bermotif. Namun dengan mengikuti trend batik kini di modifikasi menjadi fashion yang beragam mulai dari pakaian dengan model yang beragam hingga pernak pernik pendukungnya.

Pekalongan atau yang biasa di kenal dengan kota batik, kota Pekalongan merupakan kota penghasil batik dimana mayoritas masyarakat pekalongan bermatapencaharian sebagai pengkrajin batik dan buruh batik. Kota dengan batik menjadi ciri khasnya menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat kota Pekalongan. 

Hampir di setiap daerah di Kota Pekalongan banyak ruko yang menjual berbagai jenis batik dan pernak perniknya. Bahkan di kota pekalongan terdapat pasar grosir setono yang menjadi pusat oleh-oleh kain batik dan pakaian batik. Selain itu di kota pekalongan tepatnya di daerah jetayu terdapat musium batik yang sampai saat ini masih aktif di gunakan untuk kegiatan kebudayaan dan pendidikan kota pekalongan. Maka tidak heran jika pekalongan di juluki sebagai kota batik.

Para pengusaha batik lokal khususnya di kota pekalongan sudah tidak diragukan lagi penghasilannya. Meskipun tergolong produk lokal namun penghasilan para pengusaha batik mencapai 30 juta perbulannya. Tidak heran jika batik kini menjadi salah satu sektor industri dan pakaian, dikarenakan pakaian dan tekstil merupakan kontributor sektor industri terhadap PDB Nasional. Industri Batik juga banyak membuka lapangan pekerjaan hal tersebut dikarenakan sektor ini didominasi oleh Industri Kecil dan Menengah. Batik sudah menjadi bagian dari industri tekstil yang menjadi sektor prioritas hal ini yang dapat mendongkrak tumbuhnya ekonomi nasional.

Menghadapi ancaman resesi 2023 yang di perkirakan akan mengalami penurutan terhadap sektor sumber daya alam yang dapat menurunkan UMKM, kenaikan suku bunga yang dilakukan oleh sebagian besar bank sentral di dunia secara bersamaan memungkinkan akan berdampak pada sektor perekonomian dan juga berdampak pada suatu bangkrutnya suatu perusahaan akibat daya beli atau konsumsi yang menurun menyebabkan cash flow terhadap suatu perusahaan atau toko diungkapkan oleh mentri  keuangan sri mulyani Indrawati. pemerintah seharusnya dapat mempehatikan hal tersebut. karena adanya ancaman tersebut dapat mempengaruhi nasib para usaha mikro, menengah, kecil UMKM yang menjadi sumber ekonomi di indonesia.  

Tumbuhnya konsumsi rumah tangga di indonesia dapat menguntungkan ekonomi UMKM. Setidaknya penduduk indonesia membutuhkan sandang pangan dan kebutuhan lainnya untuk menunjang hidup. untuk menghadapi resesi 2023 ini seharusnya pemerintah harus menyiapkan strategi dalam memperdayakan ekonomi domestik yang sangat besar, strategi ini berfokus pada pemanfaatan potensi penduduk indonesia yang jumlahnya lebih dari 275 juta jiwa, dan juga pemerintah juga melanjutkan hilirisasi industri yang berbasis Sumber daya Alam ( SDA) untuk memenuhi kebutuhan ekspor dan domestik. Dan juga pemerintah perlu memberikan tambahan alokasi dan perlindungan sosial yang serta bantuan pasar bagi pengusaha mikro seperti penjual batik. 

Selain itu masyarakat juga harus pandai juga dalam mengatur keuangan dengan tetap sesuai belanja sesuai kebutuhan , selama belanja harus ditujukan untuk memebeli barang dan jasa yang kita butuhkan namun jika untuk hal yang tidak penting atau mengikuti hasrat saja, pikirlah dua kali dengan melakukan perhitungan terlebih dahulu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun