Mohon tunggu...
Gusmawati
Gusmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021 : Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19

28 Juli 2021   23:20 Diperbarui: 28 Juli 2021   23:40 19 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021 : Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi covid-19 mengakibatkan terjadinya perubahan pada tatanan kehidupan di segala bidang, salah satunya yaitu di bidang pendidikan dan ekonomi. Dampak covid-19 dalam bidang pendidikan yaitu dengan di tutupnya sekolah-sekolah untuk mencegah terjadinya penyebaran virus tersebut. Banyaknya dampak dari covid-19 juga berdampak salah satunya dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia pada saat ini berbeda dari pelaksanaan tahun sebelumnya. Pada saat ini Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan KKN Tematik dengan tema “ Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Membangun Desa Melalui Bidang Ekonomi” yang diikuti oleh ribuan mahasiswa semester 6. Saya adalah salah satu mahasiswa yang saaat ini sedang melaksanakan KKN di TK Kartika IX-10 Cangkurileung, saya mengambil KKN di bidang Pendidikan.

Pada saat ini , di bidang pendidikan sekolah dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan korban covid-19 yang terus menerus melonjak. Pendidikan tetap mengharuskan sekolah agar tetap berjalan meskipun secara Daring. Dengan berbagai strategi, pembelajaran harus etap dilaksanakan dengan menggunakan berbagai media online seperti Whatsapp, Zoom Meeting, Google Meet, dsb. Begitupun dengan TK tempat saya KKN , yang semula belajar tatap muka, sekarang diharuskan belajar secara online yaitu dengan menggunakan Zoom Meeting sebagai fasilitas dalam pembelajarannya. Media tersebut saat ini sangat banyak dipergunakan sebagai media pembelajaran jarak jauh. Dengan keadaan seperti ini, maka tidak hanya guru yang sangat berperan penting dalam Pendidikan anak, tetapi juga para orang tua. Oleh karena itu, orang tua diharuskan mempunyai peran penting dalam pendidikan anak dimasa pandemi covid-19 ini. 

Dalam membimbing anak selama di rumah, tentunya orang tua tidak hanya berperan sebagai fasilitator saja, tetapi juga sebagai motivatoragar anak memiliki semangat dalam belajar walaupun secara online. Mengingat pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak di masa pandemi ini, orang tua harus memiliki tips dalam membimbing anak belajar di rumah, adapun tips membimbing anak selama di rumah menurut Dr. Rachmy Diana tergabung dalam kata MIKIR, yaitu:

1. Membuat jadwal dan aturan bersama

Ingatkan anak tentang aturan dan jadwal yang akan dibuat bersama merupakan tanggung jawab setiap anak dan tanggung jawab bersama untuk mengikutinya.

2. Ide kegiatan

Bantu anak dengan ide kegiatan bila anak bingung menuliskan kegiatan apa yang akan dilakukan pada hari berjalan.

3. Komunikasi positif

Bangun hubungan yang positif dan selalu bertanya dengan positif terutama ketika anak akan memulai sebuah kegiatan.

4. Ingatkan waktu dan introspeksi

Ingatkan anak-anak tentang waktu yang mereka miliki untuk sebuah aktivitas. Ingatkan atau introspeksi diri kita sebagai orang tua tidak serba tahu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN