Mohon tunggu...
Guntur Pratama Wijaya
Guntur Pratama Wijaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Akun PR Writing

Mahasiswa President University Batch 2020. Asal Bangka Belitung. K-Pop fans, ONCE, Goldenness. Rhythm game player. Mirishita, Deresute, dan Saisuta

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Biografi Harisah Saktia Darani

24 Oktober 2021   18:37 Diperbarui: 27 Oktober 2021   14:09 133 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Rajin membaca buku atau kerap disebut dengan kutu buku, hobi tersebut mengantarkan Harisah Saktia Darani menjadi Duta Baca Kabupaten Bekasi pada tahun 2018.Mahasiswa kelahiran Bekasi ini juga tertarik dalam bidang komunikasi seperti public speaking, dan marketing. Untuk mengasah kemampuannya dalam bidang komunikasi tersebut, dia pernah beberapa kali mengikuti kompetisi debat Bahasa Indonesia dan debat Bahasa Inggris. Terkhusus untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang public speaking, wanita tersebut juga memiliki sebuah kanal YouTube sendiri yang membahasa isi-isu yang sedang hangat diperbincangkan atau aktual.

Wanita kelahiran 10 April 2002 ini merupakan anak pertama dari dua bersaudara yang menempuh pendidikannya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Cikarang Timur, lalu melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Cikarang Timur, saat SMA, sulit dipercaya bahwa wanita tersebut memilih jurusan IPA yang padahal minat dan bakatnya di bidang komunikasi lebih cocok di IPS.  Saat ini, wanita tersebut sedang menempuh studinya di sebuah kampus swasta ternama dan bergengsi di Cikarang yakni Universitas President atau yang lenih dikenal dengan President University atau PresUniv. Wanita tersebut tentunya memilih jurusan yang telah dia miliki basic-nya yakni Ilmu Komunikasi (communication studies) konsentrasi Public Relations.

Mahasiswa President University tersebut juga memiliki pengalaman magang dan volunteer. Di tahun 2020, wanita tersebut melakukan volunteer di salah satu komunitas kesehatan mental yaitu "Layak Bahagia" di divisi Public Relations. Lalu tahun ini, wanita tersebut volunteer di salah satu komunitas pengembangan diri (Self Development Community) yaitu "The Aces Indonesia" dan berada di posisi yang sama seperti kegiatan volunteer sebelumnya yakni Public Relations. Wanita tersebut juga pernah mengikuti internship atau di Indonesia lebih dikenal dengan istilah magang di salah satu bisnis perusahaan start-up tentang komunikasi di Qianna Komutika dan berada di dua divisi. Divisi pertama yang lagi-lagi sama seperti sebelumnya yakni Public Relations, dan divisi kedua yakni Marketing Communication.

Untuk kegiatan di kampus, mahasiwa tersebut pun aktif mengikuti berbagai organisasi walaupun situasi sekarang sedang pandemi. Organisasi yang dia ikuti yaitu President University Major Assiciation Communication (PUMA COMM) atau istilahnya di kampus negeri dan kampus berbahasa Indonesia yaitu Himpunan Mahasiswa (HIMA) Ilmu Komunikasi Universitas Presiden. Di PUMA COMM, dia berada di bidang partnership. Tidak hanya itu, mahasiswa tersebut juga mengikuti President University Model United Nations (PUMUN) di bidang design. Serta untuk di bidang keagamaan, dia mengikuti organisasi keagamaan Islam yakni Zahirul Ma'ala atau kerap dikenal dengan singkatan ZM. Di ZM, wanita tersebut berada di divisi communication (PR). Di organisasi keagaaman tersebut, dia kerap kali diminta menjadi MC atau moderator dalam suatu acara, sehingga dia dapat mengasah kemampuan public speaking yang ia miliki.

Untuk hobby lainnya, wanita yang sangat PR enthusiatic ini memiliki ketertarikan di dunia musik seperti K-Pop dan Bollywood. Di waktu senggangnya, wanita tersebut biasanya menonton drama Korea dan film Bollywood. Dia suka mendengarkan musik di saat belajar . Dia sering mendengarkan lagu-lagu favoritnya dari boygroup K-Pop kesukaannya yakni BTS. Lagu-lagu BTS membuatnya merasa menjadi lebih terinpirasi mengenai artinya kehidupan, tahu bagaimana cara mencintai diri sendiri, dan menghargai diri sendiri. Wanita tersebut memang tidak se-fanatik fans K-Pop dan ARMY (sebutan untuk fans BTS) lainnya yang rela menghabiskan uangnya untuk membeli merchandise idolanya seperti album, dan lightstick. Baginya, menikmati lagu dan beberapa program mereka seperti Run BTS telah cukup untuk menghibur dirinya. Baginya, tidak perlu sampai berlebihan untuk mencintai dan menikmati sesuatu, karena jika berlebihan pun tidak baik untuk diri sendiri.

Pada masa SMA-nya, ARMY tersebut tertarik dan suka menyalurkan bakatnya yang berhubungan dengan K-Pop, yakni dance. Setiap tahunnya di SMA mereka, selalu diadakan pentas seni tahunan untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) sekolah mereka. Pada pentas seni tersebut akan ada beberapa perlombaan yang diselenggarakan. Salah satunya ada dancing. Harisah dan teman-temannya sering mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba tersebut, dan tak tanggung-tanggung, berkat kerja keras mereka dalam latihan dan kepandaian mereka dalam dance, mereka beberapa kali mendapatkan juara 1 dalam dance competition. Hal tersebut merupakan salah satu pengalaman menarik yang tak akan pernah dilupakan dalam hidupnya. Namun, semenjak memasuki jenjang universitas, hobi dan kepiawaiannya dalam dance dia simpan sendiri dan tidak untuk ditampilkan dengan alasan dia mau menutup dan menjaga auratnya, fokus untuk berhijrah, dan lebih fokus untuk studi dan organisasi yang lebih berhubungan dengan jurusan kuliahnya yakni Ilmu Komunikasi konsentrasi Public Relations. Wanita tersebut hanya akan bernyanyi dan menari sendiri di kamarnya hanya untuk hiburan dan penghilang penat.

Untuk kontak, Harisah Saktia Darani bisa dihubungi melalui

Email :harisah.saktia10@gmail.com

LinkedIn : www.linkedin.com/in/harisahdarani

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan