Gunawan Mahananto
Gunawan Mahananto Pensiunan pegawai swasta

From Makassar with love

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Program Infrastruktur Harus Dilanjutkan di Kampanye Jokowi di Pilpres 2019

11 Agustus 2018   10:41 Diperbarui: 11 Agustus 2018   10:47 172 0 0
Program Infrastruktur Harus Dilanjutkan di Kampanye Jokowi di Pilpres 2019
Foto : koleksi pribadi

Setelah selama hampir 4 tahun , konsentrasi utama pembangunan dari Pemerintahan Jokowi untuk pembangunan infrastruktur seluruh negeri. Itupun pelaksana proyek infrastruktur ,nyaris di handle oleh BUMN.  Yang juga dalam pelaksanaan nya menjunjung tinggi integritas, akuntabilitas dan profesionalisme.  Maka di sisa 1 tahun masa kepemimpinan Jokowi , adalah mulai fokus utama ke sumberdaya manusia. 

Mungkin dalam misi visi bahan kampanye pilpres 2019 , Jokowi akan utarakan fokus utama pembangunan sumber daya manusia , apabila akan terpilih lagi. 

Pada intinya , infrastruktur dibangun untuk memudahkan akses transportasi dan sarana kehidupan ekonomi yang lebih cepat dan baik.  Faktor transportasi dalam kegiatan ekonomi sangat berpengaruh dalam kelancaran arus ekonomi dari suatu  daerah ke daerah lain. Ujung nya adalah harva bisa kompetitif dan ekonomi bisa berkembang. 

Dari sisi strategi dalam penyampaian visi dan misi kampanye dalam 5 tahun kedepan , Jokowi tidak harus serta merta , lepas kan pembangunan infrastruktur . 

Yang harus di sampaikan terkait sektor infrastruktur ini , adalah  di upayakan adalah selektif dalam pembangunan infrastruktur. Daerah yang nantinya  pembangunan infrastruktur bisa menunjang ekonomi sekitar nya , itulah prioritas utama. Tidak menyeluruh keseluruh negeri atas azas keadilan sosial  semata . 

Karena hal utama juga , adalah terkait pemeliharaan dan perawatan infrastruktur yang telah dibuat. Itupun juga harus di cermati dan di anggarkan . Karena karang bangsa Indonesia ini lupa , biaya memelihara kadang dituntut  lebih besar dari membangun atau mengadakan sesuatu. 

Karena kalau tidak di pelihara atau di rawat , niscaya , semua infrastruktur itu hanya  akan menjadi monumen prasasti saja.