Mohon tunggu...
Gunawan BP
Gunawan BP Mohon Tunggu... -

Bukan siapa-siapa. Hanya seorang pemuda yang berasal dari Desa Bumi Pajo, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, NTB. Mencoba belajar dan berbagi melalui untaian kata dan kalimat.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Aku Menulis Karena Cinta

18 Maret 2018   05:13 Diperbarui: 18 Maret 2018   09:27 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Mengerjakan sesuatu pada dasarnya tidaklah mudah. Apa pun itu. Perlu belajar dengan sungguh-sungguh agar bisa tercapai dan terpenuhi atas apa yang dikerjakan. Aku rasa kita paham dengan hal ini. Aku pun demikian. Untuk mencapai hasil maksimal terhadap suatu pekerjaan perlu belajar dan kesungguhan. Dan, jauh lebih baik lagi apabila didasari dengan rasa cinta. Apa pun aktivitas, termasuk menulis, bila didasari dengan rasa cinta, semuanya akan terasa indah dan enteng.

Kaitannya dengan menulis, aku melakukannya dengan cinta. Ya, aku menulis karena cinta. Tanpa percikan cinta, tak mungkin aku bisa menulis rutin tiap hari, tanpa alpa. Sekali lagi, aku mampu menulis rutin tiap hari, semuanya karena cinta. Anda boleh tidak percaya. Tapi cobalah tanam rasa cinta dalam diri Anda ketika menulis apa pun, semuanya akan terus mengalir. Tak terasa tangan Anda akan terus menari dan bergoyang di atas keyboard. Ide menulis pun akan terus muncul. Itulah bila kita mencintainya. Semuanya terasa mudah, seolah tak ada beban yang datang menghadang. Meskipun ada hambatan, semua itu bisa Anda hadapi bila dalam hati masih ada api cinta.

Aku pun menulis artikel sederhana ini atas dasar cinta. Cintalah yang menggerakkan jemariku. Tanpa cinta, tulisan ini tak akan "lahir." Tanpa cinta tulisan ini takkan muncul. Tanpa cinta goresan pena ini takkan terlihat dan tampak seperti yang Anda baca sekarang.

Anda yang ingin bisa menulis, juga agar mampu menelurkan buku demi buku tiap tahunnya, mulailah menulis karena Anda mencintainya. Cintailah ia seperti Anda mencintai orang-orang terdekat Anda. Bukankah ketika Anda mencintai sesuatu atau seseorang, Anda akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi berbagai kebutuhannya?

Maka, bersyukur dan beruntunglah bagi siapa pun di antara kita yang masih ada rasa cinta di hatinya. Ya, melakukan sesuatu yang didasari rasa cinta, termasuk menulis, tentu akan sangat berbeda dengan tanpa mencintainya. Jadi, kerjakan atau lakukan sesuatu karena cinta. Dengan begitu, kita juga akan memetik hasilnya yang penuh dengan butiran cinta.

Sekali lagi, aku bisa menulis dan mampu melahirkan berbagai buku tiap tahunnya, karena aku melakukannya berdasarkan cinta. Yakinlah, bila Anda juga menulis karena cinta, semuanya terasa mudah. Dan, impian Anda untuk bisa menulis pun akan segera terwujud.

Wallahu a'lam.

Oleh: Gunawan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun