Mohon tunggu...
GUNAWAN
GUNAWAN Mohon Tunggu... Guru - Guru ASN

Guru desa melakukan apa saja agar otak tidak beku.

Selanjutnya

Tutup

Humor

Jaga Sikapmu di Jalan, Nak

22 Mei 2021   18:30 Diperbarui: 22 Mei 2021   18:50 217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humor. Sumber ilustrasi: PEXELS/Gratisography

"Ngati-ati."

"Aja nakal ya Le"

"Manut karo Bu Guru."

"Jaga tumindakmu neng dalan."

(Berhati-hatilah.

Jangan nakal ya Nak.

Patuh kepada Ibu Guru.

Jaga sikapmu di jalan.)

Kata-kata berupa pesan dalam bahasa Jawa seperti itu selalu saya dengar dari ibu saya ketika saya siap berangkat sekolah. Pesan-pesan itu kadang jelas saya terima di otak saya. Tapi sering juga hanya masuk ke telinga kanan dan keluar lewat telinga kiri. 

Maklum, bagi seorang anak esde umur 7-8 tahun pesan ibu saya yang 'monotonous' itu tak bisa menyentuh akal saya. Mungkin juga ketika telinga saya mendengarkan pesan rutin sebelum berangkat sekolah itu, saya malah lagi memikirkan barter saya nanti dengan teman sekelas saya. Kelereng sejumlah sekian butir saya akan ditukar seekor jangkrik berikut kandangnya.

Yang penting, ketika ibu saya mulai mengeluarkan petuah hariannya saya harus mengangguk-angguk saja. Beres. Jangan sekali-kali bertanya, nanti bisa panjang. Setelah itu saya segera berlari ke luar rumah. Sudah ada kawan sekolah yang menunggu. Begitulah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humor Selengkapnya
Lihat Humor Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun