Mohon tunggu...
Gunawan Karyawanto
Gunawan Karyawanto Mohon Tunggu... Mahasiswa yang gemar menulis

Never Surrender

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pencegahan Covid-19 dan Persiapan Menghadapi Kondisi New Normal pada Masyarakat RW 50 Kelurahan Sinduadi

28 November 2020   09:12 Diperbarui: 28 November 2020   09:16 17 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pencegahan Covid-19 dan Persiapan Menghadapi Kondisi New Normal pada Masyarakat RW 50 Kelurahan Sinduadi
Dok. pribadi

(Kabupaten Sleman, 20 November 2020) Virus Covid-19 bukan halangan bagi Universitas Sebelas Maret untuk meniadakan atau menunda Kuliah Kerja Nyata (KKN). Universitas Sebelas Maret tetap mengadakan KKN dengan konsep yang berbeda dari KKN yang sebelumnya. Yang sebelumnya KKN dilakukan secara berkelompok dan dilakukan di daerah yang masih berkembang.

 Sedangkan pada era Covid-19 ini, KKN yang dilakukan oleh UNS dilakukan secara mandiri dan dilaksanakan di desa masing masing mahasiswa yang melakukan KKN. Salah satunya dilakukan oleh Reynaldi Sanjaya salah satu mahasiwa Pendidikan Ekonomi UNS, yang melakukan KKN Covid-19 di Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman, D.I.Yogyakarta. 

Dengan mengambil tema Penyusunan Sistem Informasiterhadap Covid-19, bekerja sama dengan perangkat desa dan Masjid MPD (Masjid Pogung Dalangan) Desa Sinduadi  untuk bisa melaporkan perkembangan Covid-19 di Desa Sinduadi. Sambil menyusun perkembangan Covid-19 di Desa Sinduadi mahasiswa KKN tersebut juga membantu tugas perangkat desa. 

Yaitu melayani baksos yang diadakan di desa di ERA NEW NORMAL baru ini dan membantu takmir masjid MPD saat kegiatan ibadah akan berlangsung. Karena tugas dari perangkat desa juga bertambah karena virus Covid-19. Dalam pelayanan melayani dan membantu takmir masjid tentunya yang dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah di sosialisasikan. Seperti memakai masker pada saat keluar rumah, dan cuci tangan sebelum masuk ke kelurahan, dan di kelurahan disediakan handsinitizer  dan menggunakan Face Shield bagi yang bertugas.

Dengan adanya KKN Covid-19 ini membantu desa dalam pelayanan administrasi dan sosialisasi pengetahuan tentang Covid-19. Dan diharapkan tidak ada kasus positif di Desa Sinduadi, karena sampai 15 Juli 2020 ini Desa Sinduadi masih dalam zona hijau. Dimana tidak ada kasus positif yang ada di Pogung Kidul, Desa Sinduadi Kecamatan Mlati, Sleman D.I.Yogyakarta ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x