Mohon tunggu...
Guido
Guido Mohon Tunggu... ..

ngopce sambil nyuluh

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Diskursus Pohon Cengkeh

20 April 2021   01:04 Diperbarui: 20 April 2021   13:52 154 21 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Diskursus Pohon Cengkeh
Clove (dokpri)

rasa sayang ee..

rasa sayang, sayang ee..

ee lihat dari jauh pohon cengkeh berbunga lagi ee..

Petikan lirik lagu di atas seringkali dinyanyikan oleh petani-petani cengkeh di tempat saya tatkala menyaksikan pohon cengkeh sudah mulai berbunga (bukan berbuah) di kebun. Lagu itu dinyanyikan dengan ngelangut, khas orang Manggarai, Flores.

Pohon cengkeh berbunga itu amat parlente. Ada kebangaan tersendiri tatkala menyaksikan bunga cengkeh mulai tumbuh di tangkainya hingga kelak dia akan menjadi matang (ditandai dengan warna kuning kemerahan, khususnya pada bibit cengkeh zansibar).

Warna bunga cengkeh juga membawa energi tersendiri bagi petani. Lewat warna itu juga, bunga cengkeh mungkin ingin menyampaikan pesan serta senyum tanda terima kasih kepada pak tani yang telah merawat dirinya dengan baik.

Lebih lanjut, kami di rumah merupakan keluarga petani cengkeh yang beranggapan bila pohon cengkeh mempunyai telinga untuk mendengarkan.

Maka, bertolak dari anggapan itu, sebelum menanam bibit cengkeh di kebun, Bapak saya biasanya membisikkan kalimat "nanti tumbuh dan berbuah lebat ya cengkeh" sambil memegang kokeran cengkeh yang hendak disulam ke dalam tanah.

Begitu juga, misalnya, dalam satu periode panen, ada pohon cengkeh yang mandul berbuah. Bapak saya pasti akan bergerutu begini "kamu (pohon cengkeh) kok tidak berbuah seperti pohon-pohon cengkeh yang lain. Apa kamu tidak malu?". Padahal sama-sama berasal dari bibit yang sama dan diberi pupuk yang sama.

Ya, bagi sebagian orang pasti akan menganggap lucu hal satu ini. Namun, 'ritual ekologis' seperti itu sudah sudah lumrah kami lakukan.

Sebagai pengagum (dari jalan sunyi) pemikiran Vohn Leibniz, saya berpikiran bahwa anggapan Bapak itu ada benarnya juga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x