Mohon tunggu...
Guido
Guido Mohon Tunggu... buruh tani

Pertanian | Sosiologi Pedesaan | Filsafat

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Ikuti Tip Ini agar Artikel Sosbud Dapat Label Pilihan dan AU di Kompasiana!

28 Januari 2021   06:37 Diperbarui: 28 Januari 2021   09:17 389 48 22 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ikuti Tip Ini agar Artikel Sosbud Dapat Label Pilihan dan AU di Kompasiana!
ilustrasi: Kompasiana.com

Whats up, bro dan sis!

Siapa nih yang punya minat kepenulisan seputar sosbud (sosial-budaya) seperti saya di Kompasiana (K)? Dan sudah pada tahu gak nih trik biar artikel sosbudmu mendapatkan label anu dan nganu dari Mimin K?

Memang sih ada sebagian Kompasianer yang beranggapan bahwa bodo amat sama label. Intinya, menulis aja. Tapi, ada pula yang berpikiran bahwa label itu penting. Sebagai motivasi dalam nulis.

Dengan begitu, anggap aja artikel ini sebagai penengah kedua proposisi tersebut. Dan terkhusus untuk bro dan sis yang masih penasaran dengan "jurus maut" dapat label, yuk markibong (mari kita bongkar) tipnya satu per satu, biar ngeh!

Tapi, sebelumnya, bro dan sis perlu tahu juga bahwa, di sini saya bukanlah abang jago, sehingga saya punya kapasitas membeberkan tip ini pada kalian. Singkatnya, tanpa bermaksud untuk so-soan tapi murni obrolan ide aja lho ya.

Jadi, pernah gak kamu bertanya: "gimana sih caranya biar artikel sosbudku dapet label dari Mimin K(?) Kek punya Kompasianer yang lain gitu lho?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya kok merasa terpanggil ya untuk membantu bro dan sis menemukan jawabannya. Selebihnya, saya juga tidak ingin mendaku diri bahwa apa yang saya babarkan nanti 100% benar. Tapi, seenggaknya mendekatilah ya.

Oke, lets bekicot.. eh cekidot:

1. Kuasai Tema

Ini nih penting banget. Tema tulisan itu sifatnya urgen ihwal menyangkut aras kerangka--konstruktif berpikir. Biar pembahasan runut dan terarah, bro dan sis.

Nah, untuk artikel sosbud, kalian bisa tentukan tema tulisan sesuai dengan diskursus sosial maupun budaya di sekitarmu. Misal, elaborasi tema tentang kebudayaan/kearifan lokal, seputar tradisi/ritual, kehidupan sosial masyarakat di daerah, dan seterusnya.

Jika sudah tentukan temanya, berikut adalah membuat sub judul yang akan dibahas. Biar komprehensif. Sederhananya begini: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN