Mohon tunggu...
Guıɖo Arısso
Guıɖo Arısso Mohon Tunggu... Insinyur - ᗰᗩᖇᕼᗩEᑎ

ᗰᗩᖇᕼᗩEᑎ

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Begitulah, Kalau Petani Menulis Bahasanya (Agak) Tegas

4 November 2020   00:37 Diperbarui: 4 November 2020   03:15 556
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menuis artikel (Sumber gamber: littlehouseliving.com)

Sudah hampir setahun lebih saya menulis di kompasiana. Ya, masih terbilang anak baru dibandingkan para suhu, kompasianer senior, yang sudah lama mencebur diri di blog ini.

Sejauh ini saya sudah menelurkan 176 artikel di Kompasiana. Dikit kaleee. Kualitas tulisan-tulisan saya juga, ya, begitu-begitu saja. Rerata artikel sederhana nun picisan.

Di Kompasiana saya menulis sesuai minat. Hal itu tercermin dari 70% tulisan yang saya telurkan berkutat seputar pertanian dan kehidupan petani di daerah. 

Sementara sisanya, tulisan bertemakan sosial budaya. Lebih tepatnya, diskursus seputar budaya Manggarai, Flores.

Sejauh ini juga saya tidak tahu bagaimana reaksi pembaca menanggapi isi tulisan saya. Yang pastinya beragam, tentu saja.

Tetapi setidaknya, setiap kali saya berkeinginan untuk mem-publis tulisan di Kompasiana, saya selalu bertolak dari misi kebermanfaatan. Bahwasannya, tulisan saya punya efek positif dan tidak meninggalkan cerita "Hadeuuh!.. buang-buang waktu dan kuota aja baca tulisan orang ini". ^_^

***

Lebih lanjut, beberapa bulan yang lalu, seorang kompasianer centhil dan imoeet pernah bertanya kepada saya perihal apakah saya orangnya kasar dan suka marah-marah?

Saya tidak langsung menjawab namun, saya menimpalinya pertanyaan: kenapa kamu berpikiran seperti itu dan bertanya begitu?

Dia lalu menjawab: saya menilai dari tulisan kak Reba. Beberapa artikel yang saya baca, kak Reba menulisanya dengan penuh emosional dan rada-rada marah. Jadi, aku pikirnya Kak suka marah, begitu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun