Mohon tunggu...
Reba Lomeh
Reba Lomeh Mohon Tunggu... Peminat Pertanian, Sosbud dan Filsafat

suka mancing

Selanjutnya

Tutup

Humor Pilihan

Bernadus, Selusin Senduk, dan Kecerobohannya Didalam Gereja

31 Juli 2020   09:26 Diperbarui: 31 Juli 2020   09:34 192 35 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bernadus, Selusin Senduk, dan Kecerobohannya Didalam Gereja
https://unsplash.com/photos/4K2lIP0zc_k 

(Cerita ini berangkat dari kisah nyata)

[1]

Ada satu cerita mengharukan sekaligus memalukan dari mantan anak asrama disalah satu sekolah Katolik di Kota Ruteng, Manggarai.

Peristiwa ini memang terjadi sudah lama, tepatnya pada tahun 2008 (dua belas tahun yang lalu). Ketika itu yang bersangkutan masih duduk dibangku kelas VIII SMP.

Bernadus adalah nama mantan anak asrama itu.

Sebagai anak asrama di sekolah Katolik, hidup Bernadus selalu terikat dengan aturan. Mulai dari jam makan, waktu beribadah, belajar, mandi, berangkat-pulang sekolah, olahraga dan sebagainya. Beberapa aktivitas ini sudah punya alokasi waktu masing-masing.

Aturan-aturan itu tidak hanya berlaku pada Bernadus seorang, tentu saja. Melainkan menyasar semua penghuni asrama (baik asrama putra maupun putri), dan wajib hukumnya untuk menaati semua aturan yang ada. Jika melanggar, sanksi sudah siap menjerat tanpa ampun.

Karena hidup berasrama di sekolah Katolik, maka ibadah/misa pagi di gereja adalah sebuah kewajiban bagi penghuni asrama. Ibadah pagi di gereja sendiri diadadakan setiap hari dan dimulai jam 05:15 hingga 06: 15.

Jarak antara gereja dan asrama putra sendiri kurang lebih 300 meter. Persisnya dibatasi oleh ruangan makan asrama putra. Galibnya, sepulang misa pagi, anak-anak asrama langsung menuju ruangan makan untuk sarapan tanpa harus ke asrama lagi.

Ada kebiasaan, anak-anak asrama putra membawa serta peralatan makan dari asrama bila hendak ke gereja paginya. Tinggal singgah sebentar diruangan makan untuk meletakkan alat-alat itu diatas meja, baru lanjut ke gereja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x