Mohon tunggu...
Guido Reba
Guido Reba Mohon Tunggu... Peminat Pertanian, Sosbud dan Filsafat

Petani | Labuan Bajo, Manggarai, Flores

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

3 Kecamatan Ini Menjadi Sentra Penghasil Cengkeh di Mabar

27 Juni 2020   21:42 Diperbarui: 29 Juni 2020   07:30 124 22 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Kecamatan Ini Menjadi Sentra Penghasil Cengkeh di Mabar
Ilustrasi menjemur cengkeh| Kontan.co.id\Arief Priyono

Reksa wilayah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Flores umumnya memiliki kondisi wilayah berbukit dan pegunungan. Kondisi ini memberikan peluang bagi mata pencaharian masyarakat untuk bertani padi (sawah), berladang dan/ atau berkebun.

Jadi, tidak salah bila sebagian besar masyarakat di Mabar berprofesi sebagai petani. Dengan latar belakang petani inilah yang mendorong masyarakat membudidayakan ragam tanaman pertanian, seperti cengkeh, fanili, coklat dan padi.

Pada tulisan kali ini saya akan memfokuskan bahasan pada tanaman cengkeh yang tersebar di 3 (tiga) kecamatan di Kabupaten Mabar.

Adapun ke-3 kecamatan yang menjadi sentra penghasil cengkeh di Kabupaten Mabar, yakni Kecamatan Kuwus Barat, Kecamatan Ndoso dan Kecamatan Pacar, yang masing-masing wilayahnya berada 689--1.400 meter diatas permukaan laut (MDPL).

Dengan posisi wilayah yang berada di dataran tinggi tersebut, masyarakat di ke-3 kecamatan ini cendrung memfungsikan lahanya untuk ditanami cengkeh. Namun disuatu sisi, disela-sela tanaman cengkeh tersebut ditanami juga kopi, fanili dan juga coklat.

Sistem pertanian jenis ini kita kenal juga dengan sebutan Konsep Diversifikasi.

Lebih lanjut, setiap kepala keluarga (KK) petani cengkeh di ke-3 kecamatan ini rata-rata mempunyai 2 ha lahan cengkeh. Jenis cengkeh yang bisa ditemui kebanyakan cengkeh Zanzibar.

Berkat ketersedian lahan perkebunan yang cukup besar ini pula, jarak tanam pada pohon cengkeh umumnya 8 x 8 meter.

Pemeliharaan Tanaman Cengkeh

Pemeliharaan dan proses panen di perkebunan cengkeh dilakukan dengan sangat baik. Kebun-kebun cengkeh yang telah ada sejak tahun 1980-an tersebut diberikan pupuk alami. Lebih tepatnya, pupuk NPK dan pupuk kandang

Baca juga: Beberapa Tahapan Ini Perlu Dilakukan Pascapanen Cengkeh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x