Mohon tunggu...
Reba Lomeh
Reba Lomeh Mohon Tunggu... PEKEBUN

PEKEBUN

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Para Leluhur Akan Marah bila Kita Meninggalkan Kearifan Budaya Lokal

16 Februari 2020   16:54 Diperbarui: 17 Februari 2020   10:05 300 22 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Para Leluhur Akan Marah bila Kita Meninggalkan Kearifan Budaya Lokal
Swafoto usai menggelar Tarian Sanda | Dokumentasi Pribadi

Kebudayaan masyarakat Manggarai bukan saja fosil masa lampau, tetapi juga menjadi artefak yang kontekstual, dinamis serta membumi.

Harus diakui hubungan kaum muda Manggarai dengan seni budaya tidaklah selalu selaras. Keterlibatan mereka dalam dunia kebudayaan tersendat oleh banyak masalah dan tantangan.

Terkhusus untuk kaum muda Manggarai, tantangan yang dihadapi lebih sering terkait dengan daya tahan terhadap desakan pola hidup baru. Misalkan saja arus globalisasi.

Dalam gazebo globalisasi dan zaman moderen sekarang ini turut serta memboyong teknologi dan varian pilihan kesenian yang lebih afdol dikalangan milenilas.

Bagi saya kaum muda adalah pelaku seni. Tapi sedini komitmen mereka bagi kemajuan seni dan budaya daerah mulai kehilangan taringnya. Kita bisa lihat saja bagaimana muda mudi sekarang lebih kecantol dengan budaya yang menyambang dari luar.

Lebih-lebih dari sekian budaya yang masuk dari luar dapat membuat generasi muda melupakan nilai-nilai luhur budayanya sendiri hingga lenyapnya rasa kemanusiaan.

Saya sendiri sering hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh perkumpulan muda-mudi Manggarai. Bahkan ada kalanya dipercayakan menjadi ketua pelaksana hingga dipercayakan menjadi MC.

Sejauh pengalaman saya beberapa tahun belakangan ini, ada banyak rekan-rekan yang masih malu-malu dan bahkan jaim mengenakan pakaian adat Manggarai pada saat dipercayakan menjadi penari dan atau semacamnya.

"Eh kaka, Saya malu ee. Kurang PD soalnya kaka. Bagaimana sudah cara pakenya ni Balibelo (pernak pernik yang dipakai perempuan), Tengge Songke dan Jongkong Adat (topi adat bagi laki-laki)?".

Ada juga yang sama sekali tidak tahu menahu akan makna dari Danding, Sanda, Caci (tarian khas Manggarai). Hingga diikuti ihwal tanya lain yang ritmenya 'membingungkan'.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN